Menpora Tengok Venue Asian Games saat Tutup Kirab Pemuda

Rendy Renuki H    •    15 November 2018 21:17 WIB
berita kemenpora
Menpora Tengok Venue Asian Games saat Tutup Kirab Pemuda
Menpora Imam Nahrawi saat mengengok venue baseball yang dipakai saat Asian Games 2018 lalu, Kamis (15/11) (Dok. Kemenpora)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyempatka diri menengok venue baseball warisan Asian Games 2018 yang dipakai Agustus 2018 lalu saat menutup kegiatan Kirab Pemuda 2018 di GOR Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis 15 November.

Lokasi venue baseball dengan acara puncak Kirab Pemuda memang bersebelahan, hanya berjarak sekitar 200 meter. Menpora mengapresiasi pengelola yang mampu merawat venue, mulai dari rumput, permukaan tanah, dan fasilitas penunjang seperti toilet yang masih dalam kondisi baik.

"Harus terus dipertahankan, karena ini merupakan aset bangsa untuk generasi penerus," ucapnya.

Tidak lupa Menpora mengajak masyarakat khususnya di Jakarta Timur agar memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berolahraga. Menurutnya percuma jika ada infrastruktur olahraga tetapi tidak ada kegiatan olahraganya.

Sementara, acara puncak Kirab Pemuda 2018 ditutup Menpora dengan ditandai menekan tombol sirene. Sebanyak 90 peserta Kirab Pemuda 2018 dari 34 provinsi akan dipulangkan ke daerah masing-masing setelah melakukan perjalanan keliling nusantara selama 73 hari.

Ia mengatakan tanggung jawab pemuda-pemudi Indonesia ini cukup besar di masa mendatang. Yakni menjaga keutuhan NKRI dengan keanekaragaman budaya, sumber daya alam, dan periwisata yang dimiliki wilayah masing-masing.

"Bentangan pulau- pulau dari Sabang sampai Merauke adalah anugerah Allah yang harus kita jaga. Untuk itu, sebarkan virus Bhineka Tunggal Ika," pungkasnya.

Kirab Pemuda 2018 diikuti 34 pasang putra-putri terbaik di seluruh provinsi Indonesia. Mereka melakukan perjalanan selama 73 hari ke pelosok nusantara selama lima hari di tiap titik singgah yang telah ditentukan.

Kirab Pemuda adalah kegiatan kedua yang dilaksanakan oleh Kemenpora. Sebanyak 90 peserta kirab dibagi ke dalam dua zona untuk keliling Indonesia. Selama itu mereka merekam, mempelajari, dan mengaplikasikan konsep persatuan Indonesia sebagaimana sesuai dengan slogan kegiatan Kirab Pemuda: "Berani Bersatu".

 


(REN)