Dua Pegolf Muda Indonesia Berjaya di Turnamen Piala Menpora

Rendy Renuki H    •    27 Oktober 2018 16:41 WIB
golf
Dua Pegolf Muda Indonesia Berjaya di Turnamen Piala Menpora
Suasana turnamen golf Piala Menpora 2018 di Emeralda Golf Club, Tapos, Depok, Jawa Barat, Sabtu 27 Oktober (Istimewa)

Jakarta: Dua pegolf muda Indonesia mampu berjaya di turnamen Piala Menpora 2018 yang digelar di Lapangan Emeralda Golf Club, Tapos, Depok, 25-27 Oktober dan diikuti 11 negara. Kedua pegolf muda yang menjuarai turnamen kali ini adalah Kevin Caesario di kategori putra dan Viera Permata Rosada di kategori putri.

Kevin meraih nilai terbaik dalam tiga hari perlombaan di lapangan yang punya panjang hole total 9.775 meter itu. Pegolf yang juga turun di Asian Games 2018 lalu itu mengoleksi 203 pukulan atau 13 kali di bawah par.

"Target saya hanya mendapatkan enam di bawah par dengan under dua masing-masing pada hari pertama hingga hari ketiga. Saya bersyukur dapat bermain dengan solid, putting juga bagus sehingga mendapatkan -13 total," tuturnya usai pertandingan.

Sedangkan di kategori putri, Viera meraih Piala Menpora pertamanya usai meraih total 214 pukulan. Atlet asal Banten itu mampu membuat dua pukulan di bawah par dalam tiga hari perlombaan.

Pencapaian itu dijadikannya tolok ukur untuk bisa masuk ke tim nasional. Pasalnya, pegolf 17 tahun itu masih menjadi atlet lapis kedua di timnas golf Indonesia.

"Ini adalah pencapaian terbesar bagi saya setelah berlatih golf sejak tujuh tahun lalu. Kunci kemenangan saya pada hari kedua dengan main dua di bawah par. Padahal, saya hanya menargetkan par saja," ungkap Viera.

Atas prestasi Kevin dan Viera di turnamen yang telah memasuki edisi ketiga ini, keduanya mendapatkan hadiah keikutsertaan gratis dalam kejuaraan golf Asia-Pasifik 2019 mendatang di Australia.

Sementara, Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) I Gusti Putu Gede mengatakan turnamen ini menjadi salah satu ajang uji coba pegolf muda jelang tampil di SEA Games 2019 Filipina.

"Kejuaraan ini menjadi salah satu ajang uji coba meskipun pelatnas SEA Games belum dimulai seccara resmi. Kami tentu memantau hasil turnamen-turnamen seperti ini serta perkembangan peringkat dunia dari atlet amatir," kata Gusti.

Senada dengan Gusti, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, mengatakan turnamen golf Piala Menpora bisa menjadi ajang pembinaan pegolf usia muda. Guna mempersiapkan tampil di kejuaraan internasional, termasuk Olimpiade.

"Kami sudah komunikasi dengan berbagai komunitas golf di daerah untuk menggelar juga kejuaraan di daerah mereka. Kejuaraan-kejuaraan ini akan menjadi ajang pembinaan usia dini yang memudahkan pengurus golf serta pemerintah untuk melakukan seleksi atlet nasional," pungkas Isnanta.

 


(REN)