Keamanan dan Transportasi Asian Games Diuji Coba

Marcheilla Ariesta    •    03 Februari 2018 17:17 WIB
asian games 2018
Keamanan dan Transportasi Asian Games Diuji Coba
Ketua INASGOC Erick Thohir. Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Jakarta: Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan melakukan persiapan untuk tes event Asian Games. Kini, mereka fokus ke masalah keamanan dan transportasi.
 
Tes event akan dilaksanakan pada 8 - 15 Februari 2018 di kawasan Jakarta. Keamanan dan transportasi menjadi fokus utama karena ada delapan cabang olah raga yang dipertandingkan, dengan melibatkan 1.000 atlet dan ofisial dari 19 negara.
 
Ketua INASGOC Erick Thohir menyebutkan kepanitiaan terus mengebut persiapan. Sejauh ini semua berjalan lancar.
 
"Wisma atlet sejauh ini sudah baik, hanya ada beberapa hal kecil yang mesti diperbaiki untuk Asian Games. Contohnya lapangan penghormatan bendera. Lainnya sudah oke," kata Erick di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, 3 Februari 2018.
 
"Lalu untuk venue harusnya sudah oke. Pembangunan saat ini untuk fasilitas pendukung, kalau bisa memang Senin sudah selesai. Yang sedang kami concern adalah keamanan dan transportasi," imbuh dia.

Baca: Presiden Pastikan Indonesia Siap Gelar Asian Games

Rencananya, Deputi IV INASGOC akan melakukan presentasi Senin depan. Erick ingin tes event ini dimaksimalkan sebagai pembelajaran agar perhelatan Asian Games 2018 berjalan mulus tanpa kendala.
 
"Saya pribadi kalau diketahui banyak kekurangan (saat tes event) justru senang. Kita bisa mengoreksi kesalahan berikutnya. Kalau tidak ada apa-apa saya justru khawatir, jangan sampai saat Asian Games baru ketahuan," ujarnya.
 
Erick menuturkan, semua persiapan sudah hampir rampung. Bahkan, para sukarelawan juga sudah dilatih.
 
"Kalau volunteer sudah training semua, saya lihat di Wisma Atlet (volunteer) banyak anak muda yang antusias," pungkasnya.




(FZN)