Jelang Asian Games 2018

Kalla Ungkap Pentingnya Penyelenggaraan Asian Games

Dheri Agriesta    •    06 Desember 2017 19:38 WIB
asian games 2018
Kalla Ungkap Pentingnya Penyelenggaraan Asian Games
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) didampingi Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri) menyaksikan penandatanganan kerjasama sponshorship Asian Games 2018. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkap beberapa alasan penting menjadi tuan rumah pesta olahraga Asian Games 2018. Salah satunya adalah karena Indonesia baru sekali menjadi tuan rumah pesta olahraga tingkat Asia ini.

Kalla mengatakan, negara sahabat seperti Thailand dan Tiongkok saja telah tiga kali menjadi tuan rumah. Selain itu, menjadi penyelenggara pesta olahraga internasional mendorong sinergi dan kerja sama seluruh elemen negara.

"Mendorong sinergi, kerja sama, dan kebanggaan nasional. Sehingga bisa dicapai prestasi yang baik," kata Kalla saat penandatanganan perjanjian kerja sama sponsor Asian Games di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu 6 Desember 2017.

Baca: Indonesia Sabet 13 Medali Emas di Kejuaraan Catur Kelompok Umur


Lagipula, olahraga sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Kalla menilai, olahraga merupakan bagian penting dari promosi, mengingat kerap ditayangkan televisi.

Oleh karena itu, Pemerintah ingin mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan baik. Penyelenggaraan ini tentu saja membutuhkan biaya yang sangat besar.

Kalla juga mengingatkan, jika tak menjadi tuan rumah Asian Games 1962, Indonesia tak akan punya Gelora Bung Karno yang dibanggakan. Indonesia tak akan memiliki beberapa fasilitas olahraga jempolan.

Baca: Anindya Bakrie Ingin Renang Akhiri Paceklik Selama 28 Tahun


"Jika tak ada Asian Games kita barangkali terlambat punya televisi, dulu televisi yang pertama untuk Asian Games," kata Kalla.

Tak hanya infrastruktur penunjang, penyelenggaraan Asian Games juga melambungkan atlet Indonesia di kancah internasional. Kalla menekankan, biaya besar yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan Asian Games akan menjadi investasi di masa depan.

"Ingin terkenal, ingin prestasi, ingin menonjol, mesti ada biaya. Tapi itu akan kembali dengan investasi yang baik," jelas Kalla.

Video: Kevin Sanjaya: Banyak Lawan yang Penasaran Ingin Mengalahkan Kami


(ASM)