Livestreaming

PON 2016 Cabang Karate

Karateka Jabar Kalahkan DKI di Final Kata Beregu Putri

Roni Kurniawan    •    19 September 2016 18:51 WIB
pon 2016
Karateka Jabar Kalahkan DKI di Final Kata Beregu Putri
Tiga karateka Jabar yang sukses sumbangkan medali emas di nomor kata beregu putri (Foto: MTVN/Roni)

Metrotvnews.com, Bandung: Tim karate Jawa Barat kembali menambah medali emas. Kali ini giliran cabang olahraga karate nomor Kata beregu putri di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin 19 September 2016.

Tiga karateka putri asal Jabar, Ayu Rahmawati, Eva Fitria Setiawati dan Siti Maryan berhasil menumbangkan jagoan DKI Jakarta yang dihuni Dewi Prasetya Kurniawan, Maria Ulfah dan Prima JP Mayang Sari. Jabar unggul telak dengan skor 4-1 pada partai puncak dan berhak atas medali emas.

Perjalanan karateka putri Jabar terbilang cukup meyakinkan. Pasalnya, sejak babak perempat final, tuan rumah berhasil memperdaya lawan-lawannya dengan skor telak. Tim Jambi dikalahkan dengan skor 5-0, di semi final giliran karateka putri Jawa Tengah dibantai dengan skor sama.

Keberhasilan itu dirasa membanggakan oleh karateka Ayu Rahmawati. Hasil kerja kerasnya selama ini mampu membuahkan hasil manis, terlebih bertarung di hadapan publik sendiri.

(Baca juga: Kontingen Judo DKI Mengundurkan Diri di Laga Terakhir)

"Pasti bangga kita bisa menunjukan potensi yang bagus dan pantas untuk kita, bukan hanya mengandalkan sebagai tuan rumah saja," ujar Ayu saat ditemui wartawan seusai pertandingan berlangsung.

Teriakan penonton yang didominasi suporter tuan rumah disebutkan membakar semangat tim karateka putri Jabar. Bahkan keriuhan sorak sorai penonton itu membuat semangat tim karateka Jawa Barat berlipat ganda. Hanya butuh waktu lima menit untuk Ayu cs menyelesaikan peragaan perpaduan jurus memukau. 

Jenis kata yang dipilih tim Jawa Barat yakni Kata Shotokan Unsu yang lebih menekankan jurus yang bertumpu pada kelihaian pergerakan tangan. Berkali-kali sepasang tangan ketiga karateka itu memperagakan jurus dengan kompak, beraturan dan juga selaras.

"Terakhir di final kita pakai kata unsu beserta bunkai-nya. Kesulitan pasti ada apalagi di final lawan DKI yang dari dulu jadi musuh bebuyutan. Sekarang kita bisa membuktikan kalau Jabar bisa lebih baik dari DKI," katanya.

Dengan torehan emas itu, ketiga karateka asal Jawa Barat berharap terpanggil kembali ke Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di masa mendatang.

"Harapannya kita bisa dipanggil lagi ke Pelatnas dan bisa main di SEA Games 2017 dan bisa masuk Olimpiade Tokyo juga," pungkasnya.
 
Video: Persiapan PON 2016 Dinilai Belum Matang


(RIZ)