Dedeh Erawati: Susi Susanti dan Yayuk Basuki Inspirasi Saya!

Riyan Ferdianto    •    18 April 2018 17:36 WIB
olahraga
Dedeh Erawati: Susi Susanti dan Yayuk Basuki Inspirasi Saya!
Atlet pelari gawang Indonesia Dededh Erawati (Foto/Medcom)

Jakarta: Pelari gawang Indonesia Dedeh Erawati mengungkapkan sangat mengidolakan legenda bulutangkis Susy Susanti dan mantan atlet tenis Indonesia Yayuk Basuki. Tak tanggung-tanggung ia mengaku dua sosok itu sebagai inspirasinya selama ini.

Baru-baru ini, wanita 38 tahun itu membuktikannya dengan menyabet empat medali emas lewat dua kejuaraan internasional. Dedeh meraih dua medali emas di Ontario Masters Athletics, Kanada pada 10-11 Maret lalu. Setelah itu, dia juga mendulang sepasang emas lewat ajang USA Track and Field (USATF) Masters pada 17-18 Maret.

Bagi Dedeh, lari gawang dan kompetisinya sudah seperti kebutuhan hidup. Terlebih lagi, aktivitas tersebut sudah ia tekuni selama lebih dari 25 tahun. 

"Saya mulai kenal atletik itu dari tahun 1992. Waktu kecil orang tua saya ingin sekali saya seperti Susy Susanti dan Yayuk Basuki. Jadi mereka adalah sosok-sosok hebat inspirasi saya," kata Dedeh ketika berbincang dengan medcom.id, Rabu (18/4/2018).

Klik di sini: Kemenpora Lepas Dua Atlet Angkat Besi ke Uzbekistan

Dedeh mengaku masih akan membawa nama Indonesia lewat beberapa event lari gawang di tingkat Asia dan Dunia. Itu ia inginkan karena ada perasaan bangga tersendiri ketika mengibarkan bendera Merah Putih di negeri orang.

"Ke depannya ada Taiwan Open, kemudian kejuaraan di Amerika pada Juli, lalu ada Kejuaraan Dunia di Spanyol pada September. Targetnya, saya berusaha memberikan yang terbaik saja untuk Indonesia," tutup Dedeh. 

Selama berkiprah di dunia atletik (Pelari Gawang), sudah banyak prestasi yang diraihnya. Di antaranya, medali emas di Asian Games 2007 Bangkok, medali emas SEA Games 2009 di Laos. Yang terbaru dua medali emas saat tampil di Ontario Masters Athletics, Kanada, 10-11 Maret. Sementara pada ajang USA Track and Field (USATF) Masters, 17-18 Maret, dia juga mendapatkan dua medali emas.

Video: Final IBL 2018 Pertemukan Pelita Jaya dan Satria Muda


(RIZ)