Asian Games 2018

Penggawa Timnas Sepak Bola Thailand Dilarang Pegang Ponsel Selama Asian Games

Gregorius Gelino    •    08 Agustus 2018 22:57 WIB
asian games 2018Semarak Asia
Penggawa Timnas Sepak Bola Thailand Dilarang Pegang Ponsel Selama Asian Games
Para pemain Thailand saat tampil melawan Indonesia di Piala AFF 2016 (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Bangkok: Asosiasi Sepak Bola Thailand menyambut Asian Games 2018 dengan serius. Mereka melarang anggota Timnas Sepak Bola Thailand menggunakan ponsel selama berlaga di Jakarta-Palembang. Hal ini dikonfirmasi oleh asisten manajer timnas Thailand, Worapoj Yasadatt.

"Kami akan meminimalisir seluruh hal yang dapat mengganggu konsentrasi para pemain atau menghalangi mereka untuk mendapatkan istirahat yang cukup," ujarnya seperti dikutip Nation Multimedia.

"Mereka (para pemain) cukup profesional, mereka memperbolehkan kami untuk menyimpan smartphone mereka. Mereka paham bahwa mereka harus menjauh dari smartphone karena mereka bisa kecanduan media sosial dan game di ponsel mereka," terangnya.
 

Baca: Tiongkok Kirim Kekuatan Penuh ke Asian Games 2018


Aturan ketat yang dilakukan Timnas Thailand bukan yang pertama terjadi di sepak bola. Pada Piala Dunia 2018 yang baru saja berakhir, aturan serupa juga diterapkan juara Piala Dunia 2014, Jerman.

Asosiasi sepak bola Jerman (DFB) melarang Mesut Oezil dkk bersentuhan dengan ponsel mereka agar bisa fokus di Piala Dunia. Sayangnya, kebijakan ini tidak memberikan hasil yang memuaskan. Timnas Jerman malah tampil melempem dan harus tersingkir di babak penyisihan grup.

Hal serupa juga pernah dilakukan oleh pelatih kawakan Italia, Fabio Capello saat membesut Timnas Inggris di Piala Dunia 2010. Don Fabio bahkan melarang WAGs (Wives and Girlfriends, sebutan untuk para istri dan kekasih pemain timnas Inggris), untuk menemani belahan hatinya selama bertarung di Afrika Selatan.
 

Baca juga: Atlet Tertua Indonesia Siap Berikan yang Terbaik di Asian Games


Hal ini dilakukan Capello untuk menghindari kontroversi dan menjaga konsentrasi anak asuhnya. Di Inggris, WAGs memang menjadi magnet tersendiri bagi tabloid setempat. Capello merasa bahwa timnya butuh konsentrasi penuh di Piala Dunia.

Namun hasilnya juga tidak maksimal. Frank Lampard dan kawan-kawan harus gigit jari lantaran tersingkir di babak 16 besar usai kalah kontroversial dari Jerman, menyusul dianulirnya gol Lampard oleh wasit.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Mengenal Atlet Taekwondo Ibrahim Zarman




(ACF)