Kirab Obor Asian Para Games 2018

Tarian Khas Melayu Sambut Kedatangan Obor Asian Para Games 2018 di Medan

Suryadi Ilyas    •    22 September 2018 19:34 WIB
asian para games
Tarian Khas Melayu Sambut Kedatangan Obor Asian Para Games 2018 di Medan
etua INAPGOC Raja Sapta Oktohari dan Gubernur Sumater Utara Edy Rahmayadi mengangkat obor Asian Para Games 2018 (Foto: Medcom.id/Surya Ilyas)

Medan: Setelah sukses menjalani kirab obor Asian Para Games 2018 yang diawali dari Marapen Solo, Ternate, Makasar, Bali dan Pontianak, kini lentera api untuk obor tiba di Medan, Sumatera Utara, Selasa 22 September.

Menariknya, kedatangan lentera itu disambut tarian sekapur sirih khas adat melayu di halaman kantor Gubernur Sumatera Utara. Usai tiba, lentera api pun bersama-sama dipegang oleh Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari dan Gubernur Sumater Utara Edy Rahmayadi sebelum kegiatan kirab obor dimulai.

Pada kesempatan itu, Edy mengaku sangat mengapresiasi dan bersemangat menyambut kedatangan Obor Asian Para Games 2018. Menurutnya, ini merupakan hari bersejarah bagi rakyat Sumatera Utara, khususnya Kota Medan yang disinggahi api obor ajang olahraga kaum difabel paling bergengsi di Asia.

Baca: Crutchlow Kuasai Sesi Latihan Bebas Ketiga

"Pada sore ini, kami bisa menyaksikan bersama obor di depan kita. Ini menandakan semangat kita dalam melaksanakan olahraga seperti obor yang berpancar dan apinya langsung dari Solo," ujar Edy.

Edy juga mengungkapkan bahwa provinsi Sumatera Utara dikenal dengan keragaman suku bangsa serta toleransi tinggi antar umat beragama dan juga merupakan provinsi yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

"Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan para atlet disabilitas Sumatera Utara menduduki peringkat ketiga nasional pada Pekan Paralimpik Nasional di Jawa Barat.

Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari juga mengaku senang dan berterima kasih terhadap sambutan kedatangan Obor Asian Para Games 2018 di Medan yang merupakan sejarah bagi masyarakat Sumatera Utara.

Baca: Tercecer di Latihan Bebas, Rossi Salahkan Cuaca Panas

"Kita semua merupakan saksi sejarah karena belum tentu 50 tahun lagi api ini kembali ke kota Medan sehingga api ini kami harapkan bisa dipergunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya, kami laporkan juga dengan bangga ada 7 anak Medan yang akan berlaga di Asian Para Games 2018. Dua di antaranya telah mendapatkan prestasi berhasil meraih medali emas pada Asian Para Games di Kualalumpur kemarin," ucap Raja.

Kirab Pawai Obor Asian Para Games 2018 itu langsung diserahkan Gubernur Edy Rahmayadi kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin untuk melaksanakan Kirab Pawai besok Minggu 23 September.

Asian Para Games 2018 akan digelar di Jakarta. Pelaksanaannya diselenggarakan pada 6 hingga 13 Oktober.


Video: Tim Bola Voli Duduk Matangkan Persiapan

 


(PAT)