Cerita Menpora Saat Menemukan Bendera Indonesia Terbalik di Buku Souvenir SEA Games

Alfa Mandalika    •    20 Agustus 2017 09:16 WIB
sea games 2017
Cerita Menpora Saat Menemukan Bendera Indonesia Terbalik di Buku Souvenir SEA Games
Menpora Imam Nahrawi. (Foto: Dok. Kemenpora)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kecewa dengan buku souvenir SEA Games 2017. Sebab, pada halaman 80 buku tersebut memuat bendera Indonesia yang dicetak terbalik.

Anehnya, cuma bendera Indonesia yang tercetak terbalik. Negara seperti Thailand, Myanmar, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Laos terpasang dengan benar. 

Imam langsung menuliskan rasa kesalnya di akun twitter pribadinya. Sontak, para Warganet langsung merespons.

Baca: Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games 2017, Menpora Geram 


"Pembukaan @SEAgames2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita....Merah Putih. Astagfirullaah...-IN," tulis Imam di akun twitter pribadinya.
Bahkan tagar #ShameOnYouMalaysia sempat menjadi trending topic. Sampai dini hari tadi, tagar itu masih menjadi pembicaraan di lini masa.

Baca: Bendera Indonesia Terbalik, Menpora Malaysia Minta Maaf Lewat Twitter


Awal mula Menpora mengetahui bendera Indonesia terbalik saat dia menghadiri upacara pembukaan di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu 19 Agustus. Berikut cerita Menpora sampai mengetahui ada bendera Indonesia yang dicetak terbalik dalam buku spesial souvenir SEA Games:

- Saya mengikuti prosesi upacara pembukaan SEA Games 2017, dan duduk di barisan tamu dan undangan, menerima spesial souvenir yang didalamnya terdapat buku spesial souvenir, dan beberapa merchandise dari panitia pelaksana.

- Di tengah-tengah berlangsungnya kemeriahan acara pembukaan SEA Games 2017, ada kejadian yang membuat saya terkejut saat menemukan majalah panduan yang mencantumkan bendera Indonesia dalam keadaan terbalik yang memuat informasi negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games.

- Saya menyesali peristiwa yang terjadi di tengah-tengah peristiwa yang sangat bersejarah di kawasan Asia Tenggara ini. Pesta olahraga bangsa-bangsa yang mengusung semangat persaudaraan dan persahabatan.

- Saya tidak mengetahui apakah ini faktor kesengajaan atau tidak, namun saya yakin tamu-tamu undangan negara lain juga telah melihatnya. Saya belum mendengar informasi apakah buku ini akan dicabut atau direvisi dan sebagainya. Namun bagi saya persoalan pencantuman terbaliknya bendera ini menyangkut harkat dan martabat bangsa.

- Bendera Merah Putih sangat mudah warnanya dibandingkan dengan bendera negara lain yang lebih rumit. Sementara negara lain yang benderanya lebih rumit tidak terbalik dalam penempatannya. (Kemenpora)

Video: Agus Prayogo Sumbang Perak untuk Indonesia



(ASM)