Jokowi Instruksikan Menpora Menambah Bonus Atlet

Kautsar Halim    •    02 November 2016 18:09 WIB
asian games 2018
Jokowi Instruksikan Menpora Menambah Bonus Atlet
Menpora Imam Nahrawi memberikan arahan saat Jambore Pemuda Indonesia pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 Tahun 2016 (Foto: MI/ARYA MANGGALA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo ikut merangsang para atlet nasional supaya bisa berprestasi lebih baik di kancah internasional. Oleh karena itu, ia pun menginstruksikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi agar bonus Asian Games 2018 ditambah.

"Bapak Jokowi sempat bertanya seputar bonus para atlet Asian Games. Kemudian belajar dari pengalaman sebelumnya, saya jawab saja sekitar Rp400 juta. Tapi, setelah itu beliau langsung bilang, persiapkan dari sekarang bonus atlet Asian Games itu harusnya mencapai miliaran," ujar Imam ketika menyampaikan kata sambutan di acara pemberian bonus atlet OIimpiade Indonesia di Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Munculnya instruksi Jokowi tak lepas dari pentingnya prestasi olahraga itu sendiri. Pasalnya, kata Imam, olahraga merupakan salah satu strategi terbaik untuk mengangkat nama bangsa.
 

Baca: Akhirnya, Atlet Peraih Medali di Olimpiade Terima Bonus


Sayang, keinginan pemerintah untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga itu juga sering terhalang oleh pandangan masyarakat yang berpikir karier di bidang olahraga kurang menjanjikan. Hal inilah yang coba diubah pemerintah dengan lewat pemberian bonus yang cukup besar.

"Dengan adanya bonus tersebut, jadi tidak ada kekhawatiran lagi dari orang tua atlet yang menyebutkan bahwa anaknya tidak mendapat perhatian dari pemerintah," papar Imam.
 

Baca juga: Demi Prestasi, Kemenpora Bangun Olympic Center dan SKO


Pembuktian pemerintah untuk menyejahterakan para atlet berprestasi sudah bisa terlihat lewat cairnya bonus Olimpiade dan Paralimpiade 2016. Peraih medali emas mendapat Rp5 miliar, perak Rp2 miliar, dan perunggu Rp1 miliar. Prosesi pencairan sudah dilakukan secara resmi, Rabu 2 November, sambil dihadiri seluruh atlet yang terkait, yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Eko Yuli Irawan, Sri Wahyuni dan Ni Nengah Widiasih.

Asian Games terdekat akan berlangsung di Indonesia pada 18 Agustus - 2 September 2018. Sebelum itu, Indonesia juga sudah ditunggu dengan ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia pada 19-31 Agustus tahun depan.

Video: FIFA Kenalkan Penghargaan The Best FIFA Football Awards



(ACF)