Livestreaming

Kemenpora Genjot Pembangunan Olympic Center di Cibubur

Alfa Mandalika    •    05 September 2016 15:21 WIB
olahraga
Kemenpora Genjot Pembangunan Olympic Center di Cibubur
Imam Nahrawi. (Foto: MI/Bary Fathahilah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana pemerintah membangun Olympic Center di PP PON Cibubur, Jakarta, dipastikan akan terlaksana karena Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus mematangkan persiapan termasuk melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan yang lain.

Rapat yang digelar di Kantor Kemenpora, Senin 5 September melibatkan pejabat di lingkungan pemerintah juga menghadirkan pemangku kepentingan olahraga Indonesia seperti Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

"Untuk tahap pertama, kita fokus pada cabang olahraga olimpiade yang potensial mendapatkan medali. Maka pembangunan Olympic Center akan dikebut dan pelatnas bisa secepatnya pindah," kata Menpora Imam Nahrawi usai pertemuan di Kantor Kemenpora, Senin (5/9/2016).

Olympic Center, kata Imam, tidak hanya menjadi pusat pelatihan saja, namun juga didukung pembangunan sarana dan prasarana pendukung, termasuk sport science dan dokter khusus. Dengan demikian, Olympic Center benar-benar menjadi pusat pembinaan atlet potensial Indonesia.

Demi merealisasikan Olympic Center sesuai dengan standar, Kemenpora juga sudah mulai melakukan pengitungan dana yang dibutuhkan. Namun, meski anggaran belum ditetapkan, proses persiapan Olympic Center Cibubur sudah berjalan khususnya untuk program awal.

"Kita mulai dari pembangunan Gedung Serbaguna. Dana yang dipersiapkan sekitar Rp16 miliar. Dana ini berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata plt Sesmenpora, Sakhyan Asmara.

Khusus dana dari Kemenpora, kata dia, untuk tahun ini memang belum dianggarkan biaya pembangunan Olympic Center karena proses penganggaran pembangunan baru akan dimulai 2017. Pendanaan sendiri dilakukan secara bertahap hingga 2019.

"Tidak semuanya dibangun baru. Ada juga perubahan peruntukan dari gedung-gedung yang sudah ada di PP PON. Untuk konsepnya disesuaikan dengan standar olimpiade. Jadi tidak sembarangan dalam pembangunannya," katanya saat dikonfirmasi. (Ant)

 


(ASM)

Raih 200 Medali Emas, Jabar Kunci Juara Umum PON 2016
Perolehan medali PON 2016

Raih 200 Medali Emas, Jabar Kunci Juara Umum PON 2016

2 minutes Ago

Perolehan 200 medali emas yang kini diraih Jabar sudah tidak mungkin lagi terkejar oleh dua pes…

BERITA LAINNYA