Livestreaming

Wushu

Chris John Ditunjuk Sebagai Duta Wushu Indonesia

Patrick Pinaria    •    20 September 2016 15:58 WIB
olahraga
Chris John Ditunjuk Sebagai Duta Wushu Indonesia
Chris John (Foto: Antara/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Bandung: Legenda tinju Indonesia Chris John resmi menjadi Duta Wushu Indonesia. Pria kelahiran Banjarnegara tersebut mendapat jabatan tersebut secara langsung dari Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Supandi Kusuma.

Supandi menunjuk Chris sebagai atlet wushu bukan tanpa alasan. Sebab, ia menilai Chris sudah memiliki pengalaman di dunia wushu.

"Sebelum menjadi petinju Chris John adalah atlet wushu dan memulai kariernya di dunia wushu (nomor sanda atau perkelahian)," ujar Supandi saat melakukan penunjukkan di sela-sela pertandingan cabang wushu PON 2016 di GOR Pajajaran, Bandung, Selasa (20/9/2016).

Selama menjabat sebagai duta wushu, Chris akan menjalani beberapa tugas salah satunya adalah menyosialisasikan cabang olahraga wushu di Tanah Air. "Saya akan menjalankan tugas tersebut," kata Chris.

Olahraga Wushu memang bukan hal asing bagi Chris. Sebab, ia sempat menggeluti dunia wushu di nomor sanda sebelum menjadi petinju profesional. 

Selama menjadi atlet wushu, karier Chris cukup oke. Ia mampu meraih medali di ajang SEA Games. Di antaranya adalah medali emas pada SEA Games 1997 di Jakarta dan medali perunggu di SEA Games 2001 di Malaysia. Di level nasional, Chris juga mampu meraih medali emas pada PON 2000 yang berlangsung di Surabaya.

Setelah itu, Chris memutuskan keluar dari dunia wushu pada 2003. Ketika itu, ia memulai kariernya untuk menjadi petinju profesional di dunia. (Ant)


(ACF)