Sukmalindo 2016

Cindy Dinari, Pevoli Muda Cantik yang Bercita-cita Jadi Jaksa

Krisna Octavianus    •    24 September 2016 17:59 WIB
olahraga
Cindy Dinari, Pevoli Muda Cantik yang Bercita-cita Jadi Jaksa
Cindy Dinari Putri (MTVN/Krisna Octavianus de Gerrard)

Metrotvnews.com, Kuala Terengganu: Perhelatan Sukan Malaysia-Indonesia (Sukmalindo) pada 22-23 September 2016 menghadirkan bintang baru dalam cabang olahraga voli putri dari tim mahasiswa Indonesia. Adalah Cindy Dinari Putri, dara cantik kelahiran Jakarta itu berhasil membawa Indonesia mengalahkan Malaysia dalam pertandingan ketat lima set.

Siapa sangka, dari perawakannya yang kalem dan tak terlalu tinggi untuk pemain voli itu, ia menjadi salah satu bintang kemenangan Indonesia atas Malaysia. Smash-ya sebagai seorang spiker membuat Malaysia tak berdaya terutama pada set keempat dan kelima.

Bermain sebagai spiker, ia dari awal memang didapuk sebagai pembuat poin untuk Indonesia. Sempat kalah telak pada set ketiga, Indonesia bangkit pada set keempat dan kelima untuk balik menghajar Malaysia dan mempersembahkan gelar Sukmalindo 2016 bagi kontingen voli putri Indonesia.

(Baca: Tim Futsal Mahasiswa Indonesia Pecundangi Malaysia)

Sebagai informasi, Sukmalindo adalah wadah pertandingan  persahabatan mahasiswa Indonesia dengan Malaysia. Sukmalindo sudah diselenggarakan sejak 2008 dan tahun ini  menjadi gelaran kesembilan antara dua negara serumpun.

Kembali ke Cindy Dinari. Penampilannya yang taktis dan mengarahkan pukulan spike-nya dengan baik membuat Indonesia banyak mendapat poin. Keras dan juga mengarah baik menjadi ciri pukulan spike Alumnus SMA 47 Jakarta tersebut.


Cindy Dinari Putri (MTVN/Krisna)


Meski aktif di cabang olahraga voli, ia ternyata mahasiswa di Universitas Pelita Harapan (UPH) jurusan Hukum. Selain ingin menjadi pevoli profesional suatu hari nanti, ia juga berharap bisa menjadi jaksa karena itu adalah cita-citanya sejak lama.

"Saya sangat ingin menjadi pevoli profesional, tapi ingin berkarier juga sebagai di dunia profesional kerja. Saya menjalani voli dan kuliah secara berbarengan karena ini punya karier di luar voli. Saya ingin menjadi jaksa," ujar Cindy saat berbincang bersama Metrotvnews.com di Kuala Terengganu, Malaysia, Sabtu (24/9/2016).

Menurut wanita yang hobi memancing ini, jika mengandalkan voli belum tentu bisa dapat masa depan yang cerah. Ia mengaku, orang tuanya juga mendukung punya karier lain selain voli.

"Saya ingin fokus di olahraga voli, saya juga punya cita-cita jadi pemain tim nasional. Tapi orang tua saya juga mendukung saya punya karier selain di voli. Intinya, orang tua saya terserah anaknya saja, tapi menegaskan kalau bisa kerja juga selain main voli," lanjutnya.


Cindy Dinari Putri (kiri) bersama pelatih dan rekan setimnya (MTVN/Krisna)

Ia pun turut bercerita kepada Metrotvnews.com bagaimana awalnya ia bisa menekuni voli. Pemain yang tergabung di klub Maluku Jakarta ini mengenal voli dari sang ayah. Ia mengungkapkan bahwa dirinya awalnya tak mau menjadi pemain voli, tapi ingin menjadi pemain bulu tangkis. 

Namun, garis kehidupan yang membuat dirinya akhirnya menjadi pevoli hingga sekarang. Ia sudah menekuni olahraga bola pukul ini sejak kelas 5 Sekolah Dasar.

"Saya tahu voli awalnya dari ayah saya karena ayah saya kan pemain voli juga (di PLN). Lalu saya dimasukkan ayah saya ke klub di Jakarta. Awalnya saya tidak mau main voli karena lebih suka bulu tangkis karena bulu tangkis lebih terkenal. Tapi dari kelas 5 SD sampai sekarang saya serius di voli," ungkap wanita yang lahir pada 4 Februari 1997 itu.

Soal cita-citanya yang ingin menjadi jaksa, Cindy mengaku dipengaruhi oleh sang paman. Ia ternyata memang ingin berkarier di jalur hukum sejak lama. "Awalnya saya ingin Akademi Polisi, tapi mikir-mikir lagi. Jadi saya ambil hukum dan ingin menjadi jaksa. Pokoknya tetap di jalur hukum," jelasnya.

Kini, fokus ia curahkan 100 persen di voli dan kuiah. Ia mengaku tak setengah-setengah dalam menjalani keduanya. Dirinya ingin sukses dalam dua bidang sekaligus. Patut ditiru semangat wanita 19 tahun ini. Semoga kelak ia bisa membawa nama bangsa Indonesia menjadi hebat lewat cabang olahraga voli.

Video: Jabar Raih Tiga Emas di Cabor Dayung

 


(REN)