PON 2016 Cabang Layar

Perahu Pemantau Lomba Layar Bocor, Penumpang Panik

Ahmad Rofahan    •    27 September 2016 18:40 WIB
pon 2016
Perahu Pemantau Lomba Layar Bocor, Penumpang Panik
Perahu VIP milik Disbudpora Indramayu tenggelam setelah sempat bocor ketika ditumpangi sejumlah tamu undangan menyaksikan jalannya pertandingan layar race terakhir di Pantai Balongan, Indramayu, Selasa (27/9/2016). (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Indramayu: Hari terakhir pertandingan cabang olahraga layar di Perairan Pantai Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa 27 September 2016, diwarnai insiden kecelakaan. Perahu VIP yang disediakan panitia pertandingan khusus untuk tamu-tamu penting, yang ingin melihat jalannya pertandingan di tengah laut, bocor dan nyaris tenggelam.

Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sebanyak 12 penumpang di perahu berkapasitas 15 orang tersebut berhasil dievakuasi kapal milik panitia lainnya yang berada tidak jauh dari kejadian.

Dari rilis yang diterima dari Media Center PON Indramyau, perahu VIP khusus ini diperuntukan bagi tamu penting.

(Baca juga: Atlet Naturalisasi di Cabang Gulat ini Jadi Rebutan Selfie)

Pada saat kejadian, perahu nahas tersebut sedang ditumpangi Wakil Ketua Umum III PB Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Laksamana TNI AL Joni Awuy, pimpinan KONI Kepulauan Riau dan Banten, serta tamu undangan lainnya termasuk mantan atlet layar putri Jawa Barat, Dian Ursula Maria.

Kronologis perahu bocor

Dian Ursula menceritakan, ketika dirinya bersama sejumlah tamu menaiki perahu wisata milik Disbudpora Kabupaten Indramayu yang disiapkan khusus untuk tamu VIP itu,  tiba-tiba air masuk ke buritan perahu. Para tamu yang semula di bagian belakang perahu panik dan khawatir. Apalagi air semakin banyak masuk dan kapal pun mulai miring.

“Saya lari ke depan perahu untuk mengimbangi. Saat itu bagian belakang sudah mulai tenggelam. Saya pun minta pertolongan ke perahu-perahu juri,” tutur dia.

Beruntung, begitu menerima laporan dengan sigap perahu-perahu juri yang mengawal atlet yang tengah bertanding langsung menuju lokasi kapal bocor. Secara kebetulan para sebagian besar atlet layar sudah mengakhiri pertandingan dan sedang dalam perjalanan menuju daratan.

Para penumpang langsung dievakuasi secepatnya dengan perahu-perahu juri. Setelah menyelematkan penumpang, perahu VIP yang nyaris karam itu ditarik ke Pantai Balongan. Hanya saja sebelum sampai daratan, perahu sudah lebih dulu tenggelam dan kandas di sekitar pantai.
 
Video: Sulsel akan Bertemu Jabar di Final Sepak Bola


(RIZ)