Sepeda Nusantara di Malang Tuai Respons Positif

Gervin Nathaniel Purba    •    15 Oktober 2018 19:48 WIB
berita kemenpora
Sepeda Nusantara di Malang Tuai Respons Positif
Program Sepeda Nusantara yang diinisiasi Kemenpora mendapat respons positif (Foto:Dok.Kemenpora)

Malang: Program Sepeda Nusantara yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendapat respons positif. Program ini dinilai mampu menggugah kesadaran masyarakat agar gemar berolahraga.

"Kami berharap semangat masyarakat untuk bersepeda atau berolahraga semakin besar. Dengan adanya program-program olahraga, saya yakin masyarakat akan semakin antusias berolahraga,” ujar Anggota Komisi X DPR RI Latifah Shohib, dikutip keterangan tertulis, Senin, 15 Oktober 2018.

Latifah menyambut baik kegiatan Sepeda Nusantara. Dia berharap bakal ada program-program lain dari Kemenpora untuk menggelorakan semangat warga Kota Malang.

Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Kemenpora Bambang Laksono mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk ikut bersepeda dalam Sepeda Nusantara. Program ini juga sekaligus mempromosikan pariwisata di berbagai daerah.

"Olahraga bersepeda juga untuk promosi wisata di berbagai daerah, dan untuk menyatukan beragam budaya di Indonesia,” ujar Bambang.

Bambang berharap, semangat berolahraga masyarakat di Kota Apel ini semakin bergairah dengan kehadiran program-program olahraga dari pusat.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyambut baik penyelenggaraan Sepeda Nusantara. 

"Kami berterima kasih ditunjuk sebagai penyelenggara. Mudah-mudahan dengan bersepeda semakin membentuk karakter bangsa, terutama bangsa yang sehat dan berkomitmen tinggi terhadap olahraga,” katanya.

Sekitar lebih dari 3 ribu peserta mengikuti kegiatan Sepeda Nusantara 2018 Etape Kota Malang, akhir pekan lalu. Sepeda Nusantara mengambil tema Bangun Indonesia.

Jarak yang ditempuh dalam Sepeda Nusantara ini mencapai 15 km. Misi besar Sepeda Nusantara yang ingin menunjukkan kearifan lokal serta Bangun Indonesia, semakin menarik karena melewati beberapa bangunan dan jalan yang dibangun atas kerja sama pemerintah daerah dan pemerintah pusat.


(ROS)