Jawa Tengah Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN School Games 2019

Mustholih    •    22 Januari 2019 00:51 WIB
asean school games
Jawa Tengah Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN School Games 2019
Kompleks Stadion Jatidiri tengah direnovasi untuk bersiap sebagai tuan rumah ASEAN School Games 2019. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

ASEAN School Games 2019 merupakan kejuaraan olahraga yang khusus diperuntukkan untuk pelajar SMA di kawasan Asia Tenggara. Pada ASG 2018, Indonesia tampil sebagai runner up di bawah tuan rumah Malaysia sebagai juara umum.

Semarang:
Provinsi Jawa Tengah didaulat menjadi tuan rumah ASEAN School Games (ASG) 2019. Sebanyak dua ribu pelajar tingkat SMA dari negara-negara ASEAN akan bertanding memperebutkan medali untuk sepuluh cabang olahraga.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah, Urip Sihabuddin, mengatakan, sedang menyiapkan pelaksanaan event tersebut.

"Semua sudah kami persiapkan. Ada cabang olahraga yang akan menggunakan venue di area Stadion Jatidiri yaitu renang dan tenis lapangan," kata Urip saat Rapat Koordinasi Pelaksanaan APBD 2018 dan Persiapan Pelaksanaan APBD 2019 di Gedung B lantai 5 Setda Jateng, Semarang, Senin, 21 Januari 2019.
 

Baca: Fokus Jadi Waketum PSSI, Iwan Budianto Mundur dari Arema


"Kolam renang belum berstandar internasional, karena proses lelang yang terlambat. Untuk cabang olahraga lain, venue yang sudah aman," tambahnya.

Ke-10 cabang olahraga yang dipertandingkan itu adalah renang, tenis lapangan, atletik, tenis meja, bola voli, pencak silat, bulu tangkis, sepak takraw, basket, dan squash. Sebagian besar, cabang olahraga ini dipertandingkan di Stadion Jatidiri, Semarang. Menurut rencana ASEAN School Games ini diselenggarakan pada pekan ketiga Juli 2019.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung penuh terselenggaranya acara ini. Ia bahkan meminta Dinas Olahraga Jateng mengawal betul persiapan pelaksanaan ASEAN School Games 2019. Mulai dari persiapan venue hingga penyelenggaraan.
 

Baca juga: Australia Open 2019: Bangganya Tsitsipas Menyingkirkan Roger Federer


"Kalau sekarang pelaksana tugasnya Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa sudah ada, bisa hari ini diteken," tegas Ganjar.

ASEAN School Games 2019 merupakan kejuaraan olahraga yang khusus diperuntukkan untuk pelajar SMA di kawasan Asia Tenggara. Tahun lalu, ASG diselenggarakan di Malaysia.

Indonesia tampil sebagai runner-up pada ASG 2018 dengan koleksi 31 medali emas, 36 perak dan 31 perunggu. Para pelajar Indonesia berada di bawah Malaysia yang tampil sebagai juara umum.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Menanti Revolusi PSSI

(ACF)