Kekuatan Futsal di Asia Tenggara Kian Merata

Ahmad Mustaqim    •    11 November 2018 21:57 WIB
olahragafutsal
Kekuatan Futsal di Asia Tenggara Kian Merata
Suasana pertandingan saat Indonesia kontra Malaysia pada AFF Futsal 2018 (Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Sleman: Pelatih Timnas Futsal Thailand Jose Maria Pazos Mendez mengatakan kekuatan permainan futsal di negara-negara di ASEAN terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Padahal menurutnya, Thailand merupakan tim yang sangat besar pada 2008.

"Thailand memang menang tahun ini. Tapi kami harus berjuang banyak. Tim seperti Indonesia, Vietnam, dan Malaysia, bisa mengalahkan siapa pun. Saya pikir Myanmar juga sangat baik," katanya di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Minggu (11/11/2018). 

Ia menyebutkan, kekuatan Futsal di ASEAN tak hanya Thailand. Ia memperkirakan, ada sekitar empat hingga lima negara yang bisa memenangkan Piala AFF Futsal. 

Baca: Marcus/Kevin Butuhkan Rubber Game untuk Pastikan Gelar Fuzhou China Open 2018

Pelatih Timnas Futsal Malaysia, Chiew Chun Yong mengatakan Indonesia memiliki tim yang mengagumkan. Menurut dia, banyak pemain potensial di Indonesia. 

"Saya sangat yakin Indonesia akan menjadi tim yang harus diperhatikan di AFF selanjutnya atau AFC," ujarnya. 

Selain Indonesia, ia juga menilai Vietnam dan Myanmar juga layak diperhitungkan. Ia juga menyebut Malaysia tak boleh ditinggalkan.

Baca: Perlu Proses Panjang untuk Putuskan Dominasi Thailand 

Menurut dia, timnya bisa bermain baik meski di bawah tekanan banyak suporter di GOR UNY. Ia juga mengakui para pemainnya bisa bermain dengan tenang dan baik. 

"Ini adalah lingkungan yang baik di Yogyakarta untuk kejuaran ini. Mereka (suporter) membuat kejuaraan ini sangat besar, dan suporter selalu menjadi bagian penting," kata dia. 


Video: Daud Yordan Takluk dari Petinju Inggris

 


(PAT)