Masyarakat Biasa juga Bisa Lomba Triathlon

Kautsar Halim    •    25 Januari 2018 23:41 WIB
triathlon
Masyarakat Biasa juga Bisa Lomba Triathlon
Race Director lomba Mini Triathlon Haryo Putro (Medcom.id/Zamrocknight)

Jakarta: Kabar gembira bagi masyarakat Jabodetabek dan sekitarnya yang tertarik dengan olahraga triathlon. Beberapa hari lagi akan terselenggara ajang Mini Triathlon yang sengaja dihelat untuk level pemula.

Event Mini Triathlon dijadwalkan berlangsung di Springs Club, Summarecon, Tangerang, pada Minggu 28 Januari mendatang. Selain berlomba, para peserta juga bisa berbagi berbagai hal tentang olahraga triathlon.

Menurut penjelasan Haryo Putro selaku race director, mini triathlon tetap mengedepankan aturan-aturan yang ada pada triathlon normal. Tapi, hanya jaraknya saja  yang dibedakan. 

Misal, untuk sesi berenang hanya menempuh jarak 400 meter, bersepeda 22 kilometer, dan lari 5 km. Selain itu, peralatan yang digunakanya juga tidak perlu yang mahal atau bermerk. Selama itu nyaman digunakan dan tidak menyalahi aturan tentu diperbolehkan.

Baca: Marcus/Kevin Sempat 'Terganggu' Pengalaman Hendra


"Mini triathlon kami adakan sebagai batu loncatan ke triathlon sesungguhnya. Oleh karena itu jaraknya kami bedakan. Selain itu, kami juga ingin menunjukkan bahwa olahraga triathlon itu tidak sulit," kata Haryo dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis 25 Januari. 

Event Mini Triathlon merupakan rangkaian acara dari perayaan ulang tahun Triathlon Buddies yang keenam. Sejak ulang tahun pertama pada 2013, Mini Triathlon digelar rutin tiap tahun dan pesertanya sudah lebih dari seribu orang hingga kini.

Selain di Tangerang, ajang Mini Triathlon  juga akan bergulir di Surabaya pada 11 Maret. Kemudian, bagi peserta yang sudah memiliki pengalaman juga disediakan ajang Sentul Ultra Triathlon pada akhir Februari atau awal Maret mendatang. 

Sambil berolahraga, Triathlon Buddies juga mengadakan program Giving Back to the Community, yakni semacam kegiatan penggalangan dana atlet-atlet triathlon junior berpotensi yang punya masalah ekonomi untuk berkembang.

"Jadi dana itu kami dapatkan dari penjualan barang-barang kebutuhan triathlon (renang/sepeda/lari) teman-temang komunitas kepada para peserta Mini Triathlon," papar Chaidir Akbar selaku Ketua Triathlon Buddies.

"Setelah itu, keuntungannya akan kami belikan peralatan kepada atlet-atlet berpotensi yang berada di daerah pelosok seperti Pariaman, Sungai Liat, dan Sibolga," tambahnya.

Mini Triathlon hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang belum pernah ikut event triathlon. Para pesertanya tidak dituntut mengejar gelar juara, namun tetap ada hitungan pencapaian waktu masing-masing. Selain itu, masing-masing peserta yang finis juga bisa mendapat medali kenang-kenangan.


(REN)