PON 2016

Sempat Dinyatakan Hilang, Atlet Gantole Sumbar Ternyata Mendarat Darurat

Ismail    •    19 September 2016 02:16 WIB
pon 2016
Sempat Dinyatakan Hilang, Atlet Gantole Sumbar Ternyata Mendarat Darurat
Ilustrasi Gantole (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Sumedang: Atlet asal Sumatera Barat, Rizalul Tapani yang sempat dikabarkan menghilang kini sudah ditemukan. Tapani ditemukan di area persawahan di Desa Bangbayang, Kecamatan Situraja, Sumedang, Minggu 18 September.

Ketika itu, Tapani sedang melakoni pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX cabang olahraga Gantole nomor Cross Country (XC) yang digelar di Batu Dua, Sumedang, Jawa Barat.

Kebetulan, cuaca buruk menyelimuti area pertandingan gantole. Ada 15 atlet yang saat itu terbang. Namun satu di antaranya, yaitu Tapani dinyatakan hilang kontak. Mendengar kabar tersebut, tim Basarnas dan semua pihak tim keamanan melakukan pencarian.

Kabagops Polres Sumedang, Kompol Setya Widodo mengatakan bahwa setelah mendapat kabar ada atlet Gantole yang hilang, pihaknya bersama tim rescue dari Basarnas turut membantu melakukan pencarian.

“Atlet Gantole tersebut ternyata mendarat di semak-semak pesawahan di wilayah Desa Bangbayang Kecamatan Situraja pada pukul 17.00 WIB, dan atlet tersebut langsung meminta tukang ojek untuk mengantarnya ke Jalan Raya sehingga bisa kembali berkomunikasi,” ujar Setya Widodo saat dihubungi via seluler.

Menurut pengakuan korban, kata Setya Widodo, saat terbang ia terjebak di antara awan hitam dan terbawa angin. Insiden itu menyulitkannya, sehingga Tapani mencari tempat pendaratan darurat yaitu di area sawah dan kemudian meminta bantuan tukang ojek.

“Alhamdulilah atlet Gantole yang hilang atas nama Rizalul Tapani kini sudah dalam kondisi yang sehat dan aman dan kini sedang mendapat perawatan tim medis,” sebutnya.


(FIR)