Road World Championships 2016

Putra Indonesia Wakili Qatar pada Kejuaraan Dunia Balap Sepeda

A. Firdaus    •    10 Oktober 2016 17:23 WIB
balap sepeda
Putra Indonesia Wakili Qatar pada Kejuaraan Dunia Balap Sepeda
Farhan Farizi (Foto: Minister Counsellor KBRI Doha)

Metrotvnews.com, Doha: Putra Indonesia, Farhan Farizi ikut serta pada kejuaraan dunia balap sepeda bertajuk Road World Championships (RWC). Sayang keikutsertaannya kali ini bukan membawa bendera Merah Putih, melainkan Qatar.

RWC diadakan di Doha, Qatar mulai dari 9 Oktober hingga 16 Oktober. Farhan Farizi ini merupakan satu-satunya putra asli Indonesia yang ikut dalam kejuaraan akbar tahunan yang dilaksanakan Union Cycliste Internationale.

Kejuaraan RWC diikuti seribu peserta dari 75 negara. Melibatkan lebih dari 5700 delegasi dari federasi manca negara, teknisi, dan jurnalis. Selain Farhan, Qatar juga diwakili oleh dua pembalap lainnya, Abdullah Afif dan Jassim Al-Jabiri.

Baca: Hari Pertama TAFISA, Panitia Mendapatkan Keluhan


Terpilihnya Farhan mewakili Qatar bukan tanpa alasan. Pemuda berusia 17 tahun itu memilih Qatar karena ayahnya merupakan tokoh diaspora Indonesia di Qatar, Heri Kartono. Bagi sang ayah, menjadi pembalap nasional Qatar lebih menjanjikan.

"Peluang untuk menjadi pembalap nasional Qatar lebih menjanjikan" ungkap Heri dari rilis yang diterima Metrotvnews.com.

Untuk mengikuti kejuaraan ini, Farhan telah melakukan persiapan yang panjang. Termasuk melakukan pelatihan di tiga negara Eropa, Slovenia, Kroasia, dan Italia selama kurun waktu dua bulan.

"Target masuk pada kelompok 50 pembalap junior dunia. Saya telah mempersiapkan diri selama 12 bulan dan memperoleh juara pertama pada kejuaraan road race time trial di Split, Kroasia pada 23 September 2016 lalu," beber Farhan.

Baca: Perhelatan TAFISA akan Hadirkan TIga Pemecahan Rekor Dunia

Farhan turun pada nomor Junior Individual Time Trial yang dimulai pada 11 Oktober 2016. Menurut Pelatih tim nasional Qatar, Tareq Ismaili, meski pembalap Qatar belum berpengalaman sebaik pembalap dunia lainnya namun mereka memiliki tekad kuat untuk melakukan yang terbaik sebagai tuan rumah.

Kejuaraan RWC ini direncanakan melintasi jalan sepanjang 257,5 km menyusuri ibukota Qatar, Doha dan dilanjutkan ke luar kota menuju  Alkhor.  

Menanggapi keikutsertaan Farhan, Kuasa Usaha ad-interim KBRI Doha, Boy Dharmawan, Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi sangat mendukung upaya putra Wong Kito tersebut.

"Ketikutsertaan Farhan pada berbagai kejuaraan internasional dan kerap memenangi berbagai lomba mengharumkan nama Indonesia di Qatar," ujar mantan anggota DPR tersebut.

Video: Atlet Thailand Juarai BMX Competition TAFISA Games 2016
 


(FIR)