Rhino Cross Triathlon

Sambut Hari Badak Sedunia, Indonesia Gelar Event Triathlon Lintas Alam

Kautsar Halim    •    28 September 2018 13:40 WIB
triathlon
Sambut Hari Badak Sedunia, Indonesia Gelar Event Triathlon Lintas Alam
Suasana ajang Rhino Cross Triathlon tahun lalu (Foto: Dok Rhino Triathlon)

Jakarta: Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung yang merupakan bagian dari 10 destinasi pariwisata prioritas siap menggelar Rhino Cross Triathlon, atau yang disebut juga dengan Rhino X-Tri. Event akbar ini akan terselenggara pada 29 - 30 September mendatang.

Triathlon dengan mengambil lokasi lintas alam baru terselenggara pertama kali di Indonesia. Olahraga ketahanan tubuh ini akan menantang para pesertanya untuk berenang, balap sepeda dan berlari melintasi keindahan alam Tanjung Lesung.

Terdapat tiga kategori lomba di event yang juga diadakan untuk merayakan hari badak sedunia ini. Eagle menjadi kelas terberat dengan jarak berenang 1,5 km, balap sepeda 1.000 meter dan lomba lari 15 km. Rhino dipatok sebagai kelas menengah, sedangkan Bull kelas terendah.

Sejatinya, Rhino X-Tri merupakan rangkaian acara dari Festival Pesona Tanjung Lesung. Pasalnya, terdapat ajang Rhino MTB XCM (Rhino Mountain Bike Cross Country Marathon) yang juga tidak kalah seru dan menantang.

Jika ditotal dengan event MTB XCM, terdapat 200 peserta dari tujuh negara yang bakal bersaing. Selain bisa menikmati keindahan alam, mereka juga akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk memperebutkan hadiah total sebesar 250 juta rupiah.

“Rhino Cross Triathlon adalah mata acara utama dari perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang merupakan sebuah perhelatan bertema sport tourism," ujar Direktur Utama PT. Banten West Java sekaligus Presiden PATA Indonesia, Poernomo Siswoprasetijo.

"Event ini begitu populer dan mampu menarik wisatawan domestik sekaligus mancanegara untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam serta budaya Banten.” tambahnya.

Festival Pesona Tanjung Lesung merupakan buah sinergi unsur pentahelix antara Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, dan Pengelola KEK Tanjung Lesung PT Banten West Java. 

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, juga turut mendukung karena event ini termasuk dalam Calendar of Event Program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Dia pun dijadwalkan datang meresmikan acara pada Jumat 28 September.

Atlet Panahan Asian Para Games Optimistis Raih Emas



(FIR)