World Karate Federation

Karateka Sulsel Raih Medali Perak Kejuaraan Internasional di Dubai

Andi Aan Pranata    •    03 April 2017 21:44 WIB
olahragakarate
Karateka Sulsel Raih Medali Perak Kejuaraan Internasional di Dubai
Krisda Putri (Dok: Istimewa)

Metrotvnews.com, Makassar: Kontingen karateka Indonesia membawa pulang satu medali perak dari kejuaraan Premier League World Karate Federation (WKF) yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, mulai 30 Maret-1 April 2017.

Satu-satunya medali disumbangkan karateka asal Sulawesi Selatan, Krisda Putri. Karateka putri berusia 17 tahun itu mendapat perak dari nomor Kata perorangan putri. Krisda dikalahkan atlet Spanyol Sandra Sanchez.

"Meski kalah, dia (Krisda) telah mengibarkan Merah Putih di kejuaraan dunia," kata Sekretaris Federasi Olahraga Karate Indonsia (Forki) Sulsel Musakkir di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin 3 April 2017.

Baca juga: Empat Atlet Wushu Jajal Kemampuan di Iran

Musakkir mengatakan, Krisda berangkat ke Kejuaraan Premier League Dubai bersama tujuh karateka lain. Mereka antara lain, Maya Seva pada kategori Kumite putri 50 kilogram; Rifki, Kumite putra 60 kg; Maruli, Kumite 67 kg, dan Aditya, Kumite 84 kg. Lalu Cokorda, Kumite putri 61 kg; Srunita, Kumite putri 50 kg; dan Sisilia, Kata perorangan putri.

Mereka didampingi pelatih kepala yang juga berasal dari Sulsel, Mursalim Bado'do.

"Kami mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan bagi atlet karate Sulsel, sehingga bisa tegar menghadapi juara dunia asal Spanyol," ujar Musakkir.

Krisda merupakan salah satu karate andalan Sulsel. Sebelumnya di tahun 2016, Krisda juga meraih juara 1 pada Asian Karate Federation Championship di Makassar. Saat itu dia turun di kategori Kata beregu putri.

Baca juga: Tundukkan Nadal, Roger Federer Juara Miami Open 2017

Pada Premier League WKF di Dubai, Indonesia menempati peringkat 15 dari 26 negara peserta. Peringkat pertama di tempati Iran dengan 3 medali emas dan 4 perunggu. Spanyol di urutan kedua dengan 2 emas dan 2 perak. Ketiga Italia dengan raihan 2 emas, 1 perak, 2 perunggu.

Ketua KONI Sulsel Andi Darussalam Tabussala menyampaikan apresiasi kepada Krisda. Meski gagal meraih emas, dia dianggap membanggakan bangsa. Dia berharap prestasi itu memotivasi atlet lainnya.

"Saya ucapkan selamat atas medali perak tersebut. Jangan berkecil hati, tetap maju berusaha mengukit prestasi," katanya.

Video: Duel Sesama Indonesia Tercipta di India Terbuka
 


(RIZ)