ASEAN Para Games 2017

Lolos Klasifikasi, Tenis Meja Indonesia Bertekad Raih Juara Umum

Rendy Renuki H    •    16 September 2017 13:54 WIB
olahragaasean para games
Lolos Klasifikasi, Tenis Meja Indonesia Bertekad Raih Juara Umum
Latihan atlet tenis meja Indonesia yang berlaga di ASEAN Para Games 2017 Malaysia (istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim tenis meja Indonesia bisa bernafas lega memasuki ajang persaingan ASEAN Para Games (APG) IX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Pasalnya berdasarkan hasil klasifikasi, seluruh pemain Indonesia lolos dan bisa turun berlaga untuk mendukung tercapainya target 12 medali emas.

"Kita membawa 31 pemain. Dari jumlah itu ada dua orang yang harus menjalani klasifikasi. Hasilnya ternyata mereka bisa lolos sehingga semua pemain yang kita bawa bisa tampil sesuai dengan kelasnya masing-masing," ucap pelatih kepala tim tenis meja Indonesia, Rima Ferdianto pasca pengklasifikasian di Mitec, Kuala Lumpur, dalam rilis yang diterima Jumat (15/9/2017).

Rima melanjutkan, dengan kekuatan 31 pemain itu, tenis meja Indonesia bertekad merebut juara umum dari tangan Thailand. Pasalnya pada APG Singapura dua tahun lalu, Thailand mengungguli Indonesia dalam perebutan juara umum di cabor tenis meja. 

"Untuk bisa juara umum kita menargetkan minimal merebut 12 emas. Kami memperhitungkan Thailand maksimal merebut 11 emas. Sedangkan Malaysia dua emas. Dengan demikian kita optimis mampu menjadi juara umum," tambah Rima.

Pada perhelatan APG dua tahun lalu di Singapura, cabor ini memperebutkan 37 medali emas, namun kali ini terdapat penurunan menjadi 27 medali emas. Akan tetapi, pengurangan emas itu tidak berpengaruh bagi Indonesia karena Thailand juga terkena dampaknya.

(Baca: Jonatan Ciptakan All Indonesian Final di Korea Open 2017)


"Meskipun menargetkan 12 emas, kami masih berharap ada kejutan dari nomor yang hanya diandalkan untuk merebut perak. Mudah-mudahan ada kejutan melesat ke atas dari pemain-pemain yang diproyeksikan untuk perak dan perunggu," tutur Rima optimistis.

Dari peta kekuatan yang terus diamati selama persiapan, Rima menilai, persaingan ketat tetap akan terjadi antara Indonesia dan Thailand. Sedangkan Malaysia, Vietnam dan Filipina menjadi ancaman di beberapa nomor saja, sehingga distribusi medali emas tidak akan jauh dari keempat negara tersebut.

Terkait kondisi para pemain asuhannya, Rima mengklaim jika semuanya berada dalam kondisi bagus dan sudah siap bertempur. Kekompakan tim juga sangat menonjol sehingga makin memperkuat tekad untuk menjadi yang terbaik. 

"Semua bersemangat untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia," pungkasnya.

Pada APG kesembilan ini, kontingen Indonesia berkekuatan 195 atlet dan akan tampil pada 11 cabang olahraga. Sedangkan pada APG 2015 Singapura lalu, kontingen Indonesia hanya mampu menempati posisi kedua di bawah Thailand.

Video: ASIAN Games 2018, INASGOC Perlu Tambahan Dana Rp1,167 Triliun
 


(REN)