SEA Games 2017: Loncat Indah

Akhirnya Tim Loncat Indah Sumbang Tiga Medali Perunggu

Kautsar Halim    •    29 Agustus 2017 23:25 WIB
sea games 2017
Akhirnya Tim Loncat Indah Sumbang Tiga Medali Perunggu
Eka Purnama Indah dan Linadini Yasmin sumbang medali perunggu SEA Games 2017 dari loncat indah-MTVN/Kautsar

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Harapan tim loncat indah mengukir prestasi di ajang SEA Games 2017 untuk Indonesia akhirnya terwujud. Mereka menyabet tiga perunggu di National Aquatic Centre Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Selasa 29 Agustus 2017.

Cabang olahraga (cabor) loncat indah SEA Games 2017 dimainkan sejak tiga hari lalu. Namun, dari sekian banyak nomor yang diikuti, Indonesia menyabet medali perunggu dari nomor synchro papan tiga meter dan  menara 10 meter mixed synchro.

Medali perunggu pertama disumbangkan Eka Purnama Indah dan Linadini Yasmin yang tampil di nomor synchro papan tiga meter putri. Keduanya berada di posisi ketiga dengan torehan 223,56 poin dan kalah bersaing dengan Yan Yee/Nur Dhabitah (Malaysia) yang meraih perak dan Ashley Tan/Fong Kay Yan (Singapura) yang menyabet medali emas.

Baca juga: Pelatih Silat Indonesia Kecewa Kualitas Juri di SEA Games 2017

"Tim loncat indah belum memperoleh medali sejak tiga hari yang lalu. Semoga medali ini bisa membuka jalan buat atlet Indonesia lainnya meraih medali juga," ujar Eka dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com.

Harapan Eka ternyata diwujudkan Adityo Restu Putro/Tri Anggoro Priambodo yang tampil di nomor synchro papan tiga meter putra. Keduanya berhak atas medali perunggu setelah mengukuhkan poin 326,40. Adityo/Tri kalah dari Mark Lee/Timothy (Singapura) yang menyabet medali perak dan Ahmad Amsyar/Chwe Yiwei (Malaysia) yang meraih medali emas.

Baca juga: Raih Medali Emas, Jonatan Christie Dinilai Lulus Ujian

"Kami sudah berusaha keras. Ini SEA Games pertama saya, semoga bisa jadi modal untuk berlaga di Asian Games," kata Tri seusai laga.

Medali perunggu berikutnya dipersembahkan pasangan Andriyan/Della Dinarsari Harimurti dari nomor menara 10 meter mixed synchro dengan torehan 244,32 poin. Keduanya kalah dari Leong Mun Yee/Jelson Jabilin (Malaysia) yang meraih medali perak dan Lim Shen Yan/Jonathan Chan (Singapura) yang menyabet emas. 

"Ini nomor baru di SEA Games dan kami juga baru latihan beberapa kali saja. Senang sekali bisa dapat medali. Ini bisa dijadikan juga sebagai kado pernikahan saya yang jatuh pada 23 September nanti di Wisma Kemenpora, Jakarta," kata Andriyan mengomentari prestasinya.

Peluang loncat indah menambah medali tetap terbuka, meskipun penyelenggaraan SEA Games 2017 tersisa sehari lagi. Besok 30 Agustus, tim loncat indah Indonesia masih menurunkan Linar Betliana/Dewi Setianingsih di nomor menara 10 meter synchro putri dan Adityp Restu Putra/Andriyan untuk nomor menara 10 meter synchro putra.

Video: Timnas U-22 Sabet Medali Perunggu SEA Games 2017
 


(RIZ)