Jelang Asian Games 2018

Pekerjaan Rumah Inasgoc

Media Indonesia    •    18 Juli 2017 11:15 WIB
asian games 2018
Pekerjaan Rumah Inasgoc
Pekerja memeriksa rumput stadion pada proyek renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang Asian Games 2018. (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Persiapan Indonesia dalam menggelar Asian Games 2018 dipastikan tetap sesuai jadwal. Saat ini, pembangunan dan renovasi arena yang akan digunakan untuk pertandingan multiajang itu sudah mencapai 90%.

"Saya pikir tinggal 10% yang masih harus dirampungkan, tetapi memang masih ada sejumlah masalah," kata Wakil Sekjen Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) Harry Warganegara di Jakarta, kemarin.

Kekurangan yang yang harus dirampungkan tersebut, lanjut Harry, khususnya cabang olahraga yang mengalami pindah lokasi seperti jet ski dan layar yang pindah ke Ancol. Pemerintah menargetkan dapat menyelesaikan pembangunan arena Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 itu paling lambat akhir tahun ini. Jika arena itu siap, Inasgoc akan segera menggelar test event untuk sejumlah cabang olahraga pada awal tahun depan.

Baca: Alvaro Bautista Perpanjang Masa Bakti di Aspar


Kendati demikian, Harry menyebut ada cabang olahraga yang menggelar test event mulai pekan depan. Pada bagian lain, Sekjen Inasgoc Eris Herryanto membantah bahwa terjadi pembengkakan personel di panitia Asian Games itu dari 200 menjadi 500 orang.

Menurut dia, bertambahnya jumlah panitia sudah sesuai dengan beban tugas dan postur struktur lembaga yang berkantor di kawasan Senayan, Jakarta, itu.

"Memang lebih banyak dari yang diputuskan tahun lalu, tapi itu karena Inasgoc dilengkapi dengan perangkat keuangan dan itu dipersyaratkan pemerintah. Kami kan menggunakan anggaran negara yang harus dipertanggungjawabkan, yang urus rencana kegiatan sampai pembayaran saja ada 40 orang," tegas Eris di Jakarta, kemarin.

Baca: PBSI Belum Butuh Pelatih Asing


Eris menambahkan, bisa saja jumlah panitia yang ada seiring dengan berjalannya waktu hingga pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang (Sumatera Selatan) bakal menyusut. Sebabnya ialah jika dalam evaluasi yang dilakukan setiap tiga bulan ditemukan ada yang tidak aktif atau tidak cakap dalam tugasnya.

Anggota Komisi X DPR Yayuk Basuki pada pekan lalu ialah salah satu yang mempertanyakan bertambahnya jumlah personel Inasgoc dalam rapat kerja bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Yayuk mengatakan jika jumlahnya justru bertambah, itu tidaklah sejalan dengan petunjuk Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang menjabat sebagai Kepala Pengarah Pelaksana Asian Games 2018, yang menginginkan adanya efisiensi anggaran.

OCA setuju

Eris menjelaskan bahwa Dewan Olimpiade Asia (OCA) telah menyetujui jumlah cabang olahraga yang dipertan-dingkan di ajang yang digelar pada Agustus mendatang itu.

"Jumlahnya 431 event dari 52 disiplin dan 39 cabang olahraga. Pak JK akan diberi tahu pada Selasa (18/7)."

Menurut rencana, pada pertengahan Februari akan diadakan pertandingan uji coba (test event) untuk 10 cabang olahraga.

Video: Atlet Menembak Matangkan Persiapan Jelang SEA Games



(ASM)