SEA Games 2017 Malaysia

Eksklusif Menpora: Pemerintah Siapkan Terobosan Baru untuk Atlet Peraih Medali Emas

Achmad Firdaus    •    19 Agustus 2017 14:43 WIB
sea games 2017
Eksklusif Menpora: Pemerintah Siapkan Terobosan Baru untuk Atlet Peraih Medali Emas
Menpora Imam Nahrawi (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beragam cara dilakukan pemerintah untuk memberikan apresiasi kepada para atlet yang berprestasi di ajang olahraga bergengsi, termasuk SEA Games 2017, Malaysia. Selain bonus berupa uang, pemerintah juga tengah menyiapkan beberapa apresiasi lain.

Menpora Imam Nahrawi selaku perwakilan dari pemerintah mengakui, selama ini bonus uang yang diberikan pemerintah tidak cukup menjamin masa depan atlet.

Banyak atlet yang tidak mampu menggunakan uang bonus tersebut dengan baik, sehingga ia kerap mengalami kesulitan keuangan ketika tidak lagi menjadi atlet.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Menpora akan meneruskan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa bonus untuk atlet berprestasi, tidak harus berupa uang.

"Kita ingin ada hal yang baru. Kita ingin memberikan sesuatu yang produktif. Itu bisa berupa modal usaha, beasiswa atau status setelah mereka tidak menjadi atlet," ujar Menpora saat wawancara dengan Metrotvnews.com di teras kantor Kemenpora beberapa waktu lalu.
 

Baca: Agus Prayogo Sumbang Perak Perdana untuk Indonesia


"Karena itu, saat ini kita sedang mempertimbangkan terobosan baru bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dimana nanti peraih medali emas akan diangkat dan dipromosikan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tentunya dengan syarat yang harus terpenuhi, minimal ijazah-nya SMA dan umurnya maksimal 35 tahun," lanjutnya.

Selain dipromosikan sebagai PNS, Pemerintah juga tengah menggodok rencana bersama Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat, yaitu rencana pemberian rumah kepada atlet peraih medali emas baik itu di SEA Games 2017, Asian Games atau Olimpiade.

Berbagai rencana dan terobosan yang kini tengah disiapkan pemerintah diharapkan bisa memotivasi atlet untuk berjuang lebih maksimal lagi di event olahraga bergengsi. Yang terdekat dan saat ini tengah dijalani adalah ajang SEA Games 2017 di Malaysia.

Indonesia diketahui mengirimkan 534 atlet untuk bertarung di 38 cabang olahraga yang dipertandingkan. Satlak Prima selaku perpanjangan tangan pemerintah memasang target 55 medali emas dan menduduki peringkat empat besar.
 

Baca juga: Baju Adat Batal Digunakan pada Pembukaan SEA Games 2017


Pemerintah berharap kontingen Indonesia meraih hasil lebih baik dari SEA Games 2015, Singapura, di mana Indonesia berada di posisi lima dengan koleksi 47 emas, 61 perak dan 74 perunggu.

Bagaimana tanggapan Menpora soal target ini?

"Atlet-atlet Indonesia sudah melakukan pemusatan latihan dengan pemantauan secara ketat dari Satlak Prima yang khusus memantau perkembangan atlet baik itu di SEA Games maupun Asian Games," katanya.

"Kami sangat optimis akan memperbaiki peringkat kita dari yang kami dapat di Singapura. Kami optimistis bisa mendapatkan hasil yang lebih baik di SEA Games Malaysia ini," tutupnya.

Jelang pembukaan SEA Games 2017, Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu 19 Agustus malam nanti, Indonesia sudah mengoleksi dua medali emas dan untuk sementara berada di posisi empat klasemen perolehan medali, di bawah Thailand (3), Singapura (3), dan Malaysia yang mengoleksi tujuh emas.

Video: Menpora Bicara Peluang Indonesia di SEA Games 2017
 


(ACF)