Indonesia Incar SEA Games 2019

Media Indonesia    •    27 Juli 2017 08:40 WIB
sea games
Indonesia Incar SEA Games 2019
Pembukaan SEA Games ke-28 di National Stadium, Singapura 2015. (Foto: MI/Agung Wibowo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keputusan Filipina mengundurkan diri sebagai tuan rumah SEA Games 2019 membuka peluang negara-negara Asia Tenggara lain untuk menggelar multiajang dua tahunan itu. Indonesia pun ikut mempertimbangkan diri menjadi tuan rumah.

Diungkapkan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir, sejatinya arena untuk Asian Games 2018 bisa digunakan untuk kegiatan lain, seperti SEA Games. Tujuannya agar arena-arena itu tidak terbengkalai.

"Saya kasih contoh Singapura, setelah SEA Games 2015 mereka bikin berbagai event, seperti menjadi tuan rumah laga uji coba pramusim Inter Milan, Bayern Muenchen, dan Chelsea. Harusnya Indonesia bisa seperti itu," jelas Erick di Jakarta, kemarin.

Baca: Inasgoc Pastikan 431 Nomor


Sayangnya, pada 2019 mendatang, Indonesia punya hajatan yang tidak kalah penting, yakni pemilu.

Karena itu, menurut Ketua Komisi Pengembangan Olahraga KOI Harry Warganegara, jika mau menjadi tuan rumah, multiajang itu harus diundur satu tahun.

Baca: Timnas Voli Putra Penuhi Target, Menpora Bakal Guyur Bonus


"Kita mau diskusi dulu dengan pimpinan daerah. Selain Jakarta, siapa tahu Jawa Timur atau Jawa Barat bersedia. Soal berbenturan dengan pemilu, ya bisa saja diundur, tetapi itu tergantung apakah kita terpilih nanti. Pula kita harus tanya kesiapan daerah," tutur Harry.

Video: Atlet Panahan Hadapi Sejumlah Kendala di Sesi Latihan Perdana
 


(ASM)