Jelang Asian Games 2018

Besar Anggaran Empat Venue Asian Games yang Rampung

Kautsar Halim    •    02 Desember 2017 19:13 WIB
olahragaasian games 2018
Besar Anggaran Empat Venue Asian Games yang Rampung
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri), Menteri Keuangan Sri Mulyani (ketiga kiri) dan Menpora Imam Nahrawi (keempat kanan) meresmikan empat venue Asian Games di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (2/12

Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, melaporkan perkembangan terkini pembangunan Indonesia dalam menyambut event Asian Games 2018. Laporannya mencakup renovasi Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) serta anggaran yang sudah dikeluarkan.

Dijelaskan Basuki, terdapat 13 venue Kompleks GBK yang harus direnovasi untuk menyambut Asian Games 2018. Pembangunannya masih berjalan lancar dan bahkan terdapat empat venue yang sudah rampung.


Klik: Terdampak Erupsi Gunung Agung, Gelaran Lombok Marathon Diundur


Empat venue yang sudah rampung langsung diresmikan oleh presiden Joko Widodo pada Sabtu 2 Desember. Keempatnya meliputi, Lapangan Panahan, Lapangan Sepak Bola ABC, Gelanggang Renang, dan Lapangan Hoki.

"Dari tiga belas venue yang direnovasi, empat di antaranya sudah selesai dan diresmikan oleh Bapak Presiden pada hari ini," ujar Basuki dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com.

"Sedangkan, sembilan venue sisanya masih dalam tahap penyelesaian dan dapat diresmikan pada akhir Desember 2017, " tambahnya.


Klik: Resmikan Sarana Olahraga di GBK, Jokowi Jajal Lapangan Hoki


Rampungnya keempat venue di Kompleks GBK terbilang tepat waktu. Pasalnya, berbagai test event sudah mulai terselenggara sejak awal Desember ini. Test event cabor aquatic atau renang dijadwalkan berlangsung pada 8-9 Desember, kemudian hoki pada 9-17 Desember.

"Dengan demikian semua jadwal persiapan Asian Games dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana sebelumnya," kata Basuki.

Basuki menjelaskan lebih detail, anggaran pembangunan untuk Asian Games 2018 menginjak angka Rp6,2 triliun. Jumlah itu mencakup biaya renovasi seluruh venue di DKI Jakarta, Jakabaring Sport City, serta 10 menara Wisma Atlet Kemayoran. 

Sementara itu, dana yang dikeluarkan untuk renovasi empat venue di kompleks GBK yang sudah rampung menyentuh angka Rp370 miliar. 




(KAU)