PON 2016 Jabar Cabor Taekwondo

Atlet Taekwondo Jabar Dapat Kado Istimewa Lewat PON 2016

Kautsar Halim    •    25 September 2016 19:15 WIB
pon 2016
Atlet Taekwondo Jabar Dapat Kado Istimewa Lewat PON 2016
Logo PON 2016 (Foto Istimewa)

Metrotvnews.com, Bandung: Atlet taekwondo Jawa Barat, Maulana Haidir, mendapat kado istimewa di hari ulang tahunnya yang jatuh tepat pada hari ini, Minggu 25 September. Kado tersebut adalah dua keping medali emas dari ajang PON 2016 Jabar.

Sepasang emas yang didapat Maulana baru didapat setelah menjuarai dua nomor pertandingan di Gedung Gymnasium UPI, Bandung. Emas pertamanya diraih lewat nomor poomsae individu putra dan yang kedua diraih lewat nomor poomsae beregu putra.

Kemenangan Maulana dari nomor individu putera terbilang luar biasa karena ia mampu mengalahkan ketujuh lawannya dengan nilai 9.000. Saat itu, ia mengalahkan Rastra Jabadiou Kutai yang meraih perak, serta Yanwar Dwi Ramadhan dan Aulia Ramadhan yang mendapat perunggu.

(Baca: Jabar Raih Medali Emas Renang 10.000 Meter Putra)

Di nomor poomsae beregu putera, Maulana sempat tampil bersama atlet pelatnas lain seperti Muhammad Fazza Fitracahyanto dan Irsyad Abdul Aziz. Meski jumlah poin kemenangan mereka belum boleh diumumkan, namun Maulana sudah bisa memastikan timnya bakal meraih medali emas.

"Untuk hasil pertandingan, kami memang sudah diberitahu lebih dulu. Tapi, kalau untuk dipublikasikan masih menunggu pertandingan poomsae beregu putri. Tapi, alhamdulillah sudah dipastikan kami yang mendapat emas," kata Maulana setelah ditemui Metrotvnews.com, Minggu (24/9/2016).

Maulana menjelaskan, kesuksesannya tersebut tidak didapat dengan mudah. Ia bersama Taekwondoin Jabar lainnya harus menjalani latihan keras di luar negeri dan menjalani berbagai laga uji coba.

"Kami menjalani training camp dan try out sekitar dua bulan di Korea Selatan. Kemudian kami juga selalu berhasil membawa pulang medali ketika menjalani try out di sana. Sebulannya lagi kami hanya berlatih di sini untuk adaptasi cuaca," ujar Maulana.

(Baca: Panpel Cabor Sepatu Roda Sesalkan Intervensi dari Ketum PB Perserosi)

Terlepas dari hasil pertandingan, terdapat dua hal yang sangat istimewa dalam kemenangan Maulana. Yang pertama, kemenangan tersebut jatuh pada hari ulang tahunnya dan yang kedua, sang ibu bisa hadir menyaksikan pertandingan.

"Senang dan puas banget dengan kemenangan hari ini. Target Jabar memang ingin menyapu bersih semua nomor pomsae. Namun, yang paling menyenangkan adalah kemenangan tersebut jatuh di hari ulang saya dan ada ibu saya yang mau menonton langsung," imbuh Maulana.

Selain Maulana, Defia Rosmaniar juga berhasil menyumbang emas untuk Jabar setelah bermain dalam nomor poomsae individu putri. Saat itu, Defia berhasil menjadi yang terbaik dengan nilai 8.860.


Video: Jabar Juara Umum Pencak Silat

 


(PAT)