PON 2016

Tutup PON XIX, Wapres: Olahraga Jadi Lambang Persatuan

Dheri Agriesta    •    30 September 2016 01:32 WIB
pon 2016
Tutup PON XIX, Wapres: Olahraga Jadi Lambang Persatuan
Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan kata sambutann pada upacara penutupan PON XIX/2016 Jabar di Stadion GBLA, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/9). Foto: MI/PANCA SYURKANI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat. Kalla mengatakan, pelaksanaan kompetisi olahraga ini penting demi kebersamaan dan kebhinekaan bangsa.

Penutupan perhelatan PON dilangsungkan di Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Bandung, Kamis 29 September malam. Penutupan diawali dengan nyanyian Indonesia Raya dan mengheningkan cipta atas kejadian di Garut.

"Kita semua mengharapkan bahwa, pekan olahraga ini menjadi lambang persatuan dan pembinaan kita semua," kata Kalla saat menghadiri acara penutupan PON XIX.

Kalla mengatakan, pertandingan dalam setiap cabang olahraga tak hanya sebagai bentuk kompetisi. Tapi juga pembinaan fisik, kerja sama, kejujuran, kebanggaan, dan kehormatan seluruh kontingen.

"Dan kegembiran kepada semua peserta. Semua itu mencerminkan bagaimana kebersamaan. Alangkah indahnya kebinekaan kita, kebersamaan kita," sambung Kalla.

Kalla berharap, semoga atlit yang berprestasi bisa mempertahankan apa yang telah mereka dapatkan. Kalla mengingatkan, setelah PON, Indonesia menjadi tuan rumah dalam perhelatan Asian Games.

Selain itu, Kalla juga mengingatkan atlit muda dapat berlatih lebih giat untuk menghadapi PON selanjutnya. Pelaksanaan PON selajutnya diharapkan dapat terlaksana lebih baik.

"Semoga PON yang akan datang di Papua diselenggarakan lebih baik lagi. Dengan ini saya dengan resmi menutup PON ke XIX di Jawa Barat," pungkas Kalla.

Selain Kalla, juga turut hadir Ketua DPR Ade Komarudin, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Wakapolri Komisaris Jenderal Syafruddin.


Penari berpakaian papua mengibarkan bendera merah putih pada upacara penutupan PON XIX/2016 Jabar di Stadion GBLA, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/9). Foto: MI/PANCA SYURKANI

Hingga kemarin malam, kontingen Jawa Barat masih memimpin perolehan medali dengan 531 medali. Perolehan ini terdiri dari 217 emas, 157 perak, dan 157 perunggu.

Tempat kedua diduduki kontingen Jawa Timur dengan 404 medali. Mereka memperoleh 132 medali emas, 138 medali perak, dan 134 medali perunggu.

DKI Jakarta mengumpulkan 374 medali dengan rincian 132 emas, 124 perak, dan 118 perunggu. Posisi keempat diisi Jawa Tengah dengan 173 medali, dengan rincian 32 emas, 56 perak, dan 85 perunggu.

Kemudian, posisi kelima dihuni Kalimantan Timur dengan perolehan 139 medali, yaitu 25 emas, 41 perak, dan 73 perunggu.


(DEN)