Legenda Darts Dunia Wafat karena Serangan Jantung

Kautsar Halim    •    06 April 2018 09:42 WIB
olahraga
Legenda Darts Dunia Wafat karena Serangan Jantung
Eric Bristow. (mirror.co.uk)

London: Bintang darts dunia, Eric Bristow, mengembuskan nafas terakhir pada Kamis 5 April waktu setempat. Ia dikabarkan meninggal di usia 60 tahun karena serangan jantung.

Bristow merupakan atlet darts paling bersinar yang pernah ada. Prestasinya sebagai pemilik gelar juara dunia sebanyak lima kali belum pernah ada yang menyaingi sampai dengan saat ini. Selain itu, Bristow juga mengisi ranking pertama Federasi Darts Dunia (WDF) sebanyak enam kali.

Bristow yang lahir di London Timur dikenal juga sebagai pendiri Korporasi Darts Profesional  (PDC) yang terbentuk pada 1993 silam. Berkat dia, olahraga darts makin dihargai dan bisa dikenal banyak orang.   


Klik: Antusiasme dan Persaingan Tinggi di Sakhir


Kabar duka yang menimpa Bristow diumumkan pertama kali oleh Pimpinan PDC, Barry Hearn. Ia menyebutkan bahwa Bristow akan selalu dikenang sebagai legenda olahraga dart dunia dan Inggris.

"Dia juga pemain luar biasa yang punya karakter kuat. Meski sudah pensiun, para fan rela datang jauh-jauh untuk menemuinya dan melihat dia bermain," ujar Hearn.

"Eric tidak pernah takut kontroversi. Dia selalu bicara jujur dan terbuka ketika bicara sebagai pendiri (PDC). Pasti banyak orang yang akan merindukan," tambahnya. 


Klik: Tujuh Tower Wisma Atlet Siap Menyambut Asian Games


Bristow sudah pensiun sebagai pemain darts profesional pada 2007 silam. Dua tahun sebelum keputusan itu diambil, biodata tentang Bristow juga telah terpajang di Hall of Fame PDC. 

Darts merupakan permainan tradisional yang beralih menjadi olahraga profesional di Eropa. Aturan mainnya hampir sama dengan memanah, hanya saja anak panahnya lebih kecil dan cara melontarkannya pun menggunakan tangan.


(KAU)