Bogor Jadi Kota Kesembilan Gelaran Pemuda Inspiratif

Rendy Renuki H    •    20 Oktober 2018 07:06 WIB
berita kemenpora
Bogor Jadi Kota Kesembilan Gelaran Pemuda Inspiratif
Logo Pemuda Insporatif yang menjadi salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Dok. Kemenpora)

Jakarta: Gelaran Pemuda Inspiratif 2018 telah sampai di Kabupaten Bogor yang menjadi kota kesembilan dari total 16 kota penyelenggaraan. Rencananya Pemuda Inspiratif Bogor akan digelar di pusat perbelanjaan Cibinong City Mall pada 20-21 Oktober.

Antusiasme peserta sudah terlihat pada saat technical meeting Jumat 19 Oktober kemarin yang digelar di Kantor Radar Bogor. Para perwakilan peserta terlihat begitu serius menyimak pemaparan aturan yang dibacakan Fahmi Rohmansyah, panitia Pemuda Inspiratif.

Pada kesempatan tersebut, Fahmi mengatakan bahwa empat kompetisi akan terbagi menjadi dua hari. Untuk hari pertama, seluruh peserta Pemuda Inspiratif akan mempresentasikan ide kreatifnya di hadapan para juri.

Sedangkan supporting event yang akan tampil adalah kompetisi band dan kompetisi dance. Untuk kompetisi lomba kreasi baris-berbaris (LKBB) akan digelar di hari kedua Minggu 21 Oktober besok.

Hari kedua Pemuda Inspiratif tak hanya ditujukan bagi para peserta LKBB. Para peserta Pemuda Inspiratif yang lolos 20 besar atau menjadi finalis pun, akan kembali mempresentasikan idenya di panggung utama.

"Jadi di hari pertama peserta Pemuda Inspiratif akan presentasi di hadapan juri saja di tenda yang disediakan. Nah, khusus hari kedua, para peserta harus percaya diri mempresentasikan idenya karena dilihat oleh banyak orang," ungkap Fahmi.

Salah satu peserta yang cukup antusias adalah Nurul Aeni dari SMKN 2 Bogor. Nurul mengungkapkan bahwa dia akan mempresentasikan ide kreatifnya di bidang lingkungan.

"Untuk ide kreatif saya di bidang lingkungan adalah memaksimalkan potensi sumber daya yang ada di sekitar. Manfaatnya dapat dirasakan oleh siswa sekolah dan masyarakat sekitar. Detail ide saya akan saya presentasikan besok (20 Oktober)," kata Nurul yang mengaku merahasiakan konsepnya tersebut.

Selain itu, peserta supporting event pun juga tak kalah bersemangat. Emet Suaro dari SMK Sirajul Falah Parung Bogor peserta LKBB mengatakan bahwa dia dan timnya akan menunjukkan yang terbaik.

"Sejauh ini persiapan kami sudah matang. Fokus utamanya adalah menjaga kekompakan agar saat kompetisi nanti tidak ada gerakan yang keliru," ujarnya. 

Tak hanya berkompetisi, nantinya peserta dan masyarakat Kabupaten Bogor akan dihibur oleh bintang tamu istimewa. Pada Sabtu (20 Oktober), Stereosky Band akan hadir di area acara.

Sementara pada hari kedua tak akan kalah meriah. Sebab, selain ada senam masal berhadiah di pagi hari, masyarakat juga akan dimanjakan oleh Klantink pada malam hari. 

Sementara itu, Pemuda Inspiratif kota Bandung akan mundur dari jadwal 20-21 Oktober menjadi 3-4 November.

 


(REN)