Piala AFF Futsal 2018

Timnas Futsal Indonesia Harus Menang Besar Lawan Kamboja

Ahmad Mustaqim    •    07 November 2018 07:10 WIB
bolaPiala Aff Futsal
Timnas Futsal Indonesia Harus Menang Besar Lawan Kamboja
Pemain timnas futsal Indonesia Bambang Bayu Saptaji (Foto: Antara/M RISYAL HIDAYAT)

Sleman: Tim Nasional Indonesia wajib menang melawan Kamboja di ajang Piala AFF Futsal 2018, Rabu 7 November 2018. Hanya kemenangan yang bisa meloloskan Timnas Indonesia ke semifinal. 

Pelatih Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi menyadari tuntutan kemenangan itu. Pelatih berkebangsaan Jepang ini enggan memikirkan berapa gol yang akan dicetak anak asuhnya.

"Dibandingkan dengan memikirkan berapa gol, saya hanya memikirkan kemenangan," ujar Kensuke di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa 6 November 2018. 

Baca juga: Kebahagiaan Pelatih Futsal Indonesia Usai Kalahkan Myanmar
 
Maklum, dari dua laga awal, Indonesia mendulang satu kemenangan dan sekali kalah. Sunny dan kolega sebelumnya menang 5-1 atas Myanmar. Namun, Selasa 6 November, Indonesia harus kalah 5-7 dari Malaysia. 

Kensuke mengatakan akan mencoba mengevaluasi sejumlah kekurangan timnya, termasuk dalam hal kelemahan antisipasi tendangan bebas. Selain itu, fokus pemain sepanjang pertandingan juga perlu dijaga. 

Kensuke menyoroti lemahnya konsentrasi timnya di awal laga saat ditaklukkan Malaysia. Kurang dari 10 menit babak pertama berjalan, gawang Muhammad Nazil Purnama sudah bobol tiga kali. 

Baca juga: AFF Futsal 2018: Sempat Comeback, Indonesia Takluk dari Malaysia

Timnas juga harus kehilangan dua pemain, yang cedera saat melawan Malaysia. Dua pemain yang cedera, yakni Iqbal Rahmattulah dan Andri Kustiaqan. Kensuke belum memastikan kondisi kedua pemain itu kontra Kamboja. 

Ia hanya mengatakan pemain lain masih bisa menggantikan peran pemain yang cedera. Kensuke juga masih mempercayakan posisi kiper utama kepada Nazil Purnama. "Saya persiapkan untuk kemenangan besok," kata dia.

Dari Grup A, Malaysia sudah memastikan melaju ke babak semifinal dengan torahan dua kemanangan. Tim Negeri Jiran itu menang 10-0 atas Kamboja dan 7-5 dari Indonesia. 

Sementara Indonesia masih tercecer di peringkat ketiga klasemen Grup A, di bawah Myanmar. Meski sama poin dengan Myanmar, Indonesia kalah agregat gol. Myanmar sudah mencetak 12 gol dan kebobolan 7 gol, sedangkan Indonesia mencetak 10 gol dan kebobolan 8 gol.

Video: Masyarakat Antusias Sambut Piala AFF 2018
 


(RIZ)