Asian Para Games 2018

Medali Asian Para Games Bisa Bunyi?

M. Rizky Adhestian    •    05 Oktober 2018 17:09 WIB
asian para gamesSemarak Asia
Medali Asian Para Games Bisa Bunyi?
Medali Asian Para Games 2018 (Foto: M. Rizky Adhestian/Medcom.id)

Jakarta: Asian Para Games 2018 punya hal yang berbeda dari Asian Games lalu. Lebih spesifiknya, yaitu adalah medali-medali yang akan diterima para atlet di podium.

Seperti diketahui, Asian Para Games seri ketiga ini akan mempertandingkan atlet-atlet penyandang disabilitas yang dibagi dalam tiga klasifikasi besar. Klasifikasi tersebut adalah Visual Impairment (penglihatan), Physical Impairment (fisik), dan Intelectual Impairment (mental).

Untuk itu, Asian Para Games memberikan penanda pada tiap medali yang bertujuan membedakan mana yang medali emas, perak, dan perunggu. Hal tersebut dipercaya dapat membantu bagi para juara dari penyandang disabilitas penglihatan.

Medali-medali tersebut sudah dimasukkan bola-bola kecil yang akan mengeluarkan suara gemercik ketika digoyangkan. Tiap medali memiliki jumlah bola yang berbeda.

Untuk medali emas, terdapat jumlah bola terbanyak yaitu 26 bola. Lalu, Medali perak dengan 20 bola, dan perunggu dengan 16 bola.

Bagi atlet penyandang disabilitas penglihatan, mereka akan mampu membedakan bunyi tersebut secara lebih sensitif. Selain itu, terdapat huruf braille untuk diraba yang berbunyi 'Asian Para Games 2018.'

"Medali kita ini adalah medali yang akan jadi sejarah. Hari ini kita meluncurkan untuk pertama kalinya medali yang di dalamnya ada suaranya. Di dua APG sebelumnya tak ada medali yang menggunakan suara, kali ini sudah ada suaranya," kata Fanny Riawan, Direktur Sport INAPGOC, pada Jumat 5 Oktober

Namun sebenarnya, medali berbunyi ini sebelumnya sudah ada di Paralympics Rio 2016. Fanny pun mengakui pihaknya terinspirasi oleh medali perunggu Paralympics Rio yang pernah dibawa pulang atlet angkat besi, Ni Nengah Widiasih.

"Kami harus berterimakasih dengan Widi, paralimpian kita, karena di Rio 2016 ia menjadi atlet yang dapat perunggu. Membuat (medali) ini tidak gampang. Jadi, kami harus ambil medali Widi di Bali, kami pinjam punya dia untuk memastikan apa isinya," lanjut dia.

Asian Para Games takkan lama lagi akan melakukan upacara pembukaan. Tepatnya pada Sabtu 6 Oktober. Hajatan para atlet penyandang disabilitas ini akan berlangsung mulai besok dan akan berakhir pada 13 Oktober mendatang.

Kemensos Sediakan Mobil Akses Penyandang Disabilitas



(FIR)