Upacara Pembukaan PON 2016

Gegap Gempita Upacara Pembukaan PON 2016 Jabar

Kautsar Halim    •    18 September 2016 00:31 WIB
pon 2016
Gegap Gempita Upacara Pembukaan PON 2016 Jabar
Suasana Pembukaan PON 2016 di GBLA (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Bandung: Letusan kembang api menggelegar megah di langit Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu 17 September malam WIB. Warna-warninya yang indah serta suaranya yang gaduh telah menandakan bahwa seremoni pembukaan PON 2016 Jabar akan berlangsung.

Seperti yang telah diagendakan sebelumnya, upacara pembukaan PON 2016 Jabar memang bakal terlaksana tepat pukul 19.30 WIB. Jalannya rangkaian acara yang menghabiskan dana sekitar Rp30 miliar tersebut akhirnya berlangsung sukses sambil diiringi decak kagum para pengunjung.

Berdasarkan pantauan Metrotvnews.com, Presiden Joko Widodo tampak antusias menikmati tiap sajian acara sambil didampingi sang istri tercinta, Iriana Joko Widodo. Di antara keduanya, turut hadir pula sejumlah menteri kabinet kerja serta para gubernur dari seluruh Indonesia.

Barisan kontingen para atlet baru dipersilahkan menyusuri lintasan lari setelah dilangsungkannya tari tabuhan drum. Satu persatu tiap kontingen menyapa para pengunjung di tribun stadion sambil melambaikan tangan dan bersalaman dengan maskot PON 2016, Lili dan Lala. Rombongan 19 atlet legendaris Indonesia tampak seperti menuntun seluruh kontingen karena ditempatkan di barisan paling depan.


(Baca Juga: Rekor Asia Terpecahkan di Selam Kelas Kolam)

Bendera PON tak lupa dikibarkan setelah Ahmad Heryawan selaku Gubernur Jawa Barat dan Ketua Umun PB PON menyampaikan kata sambutan. Pilihan kata-kata yang ia lontarkan terbukti mampu menambah semangat sportivitas karena disambut kompak oleh para pengunjung dengan yel-yel moto PON 2016.

Kombinasi kesenian tradisional dan modern langsung diputar seusai bendera PON berkibar gagah. Mulai dari tarian, nyanyian, hingga aksi akrobatik sepeda BMX terlihat menawan dan memanjakan mata para pengunjung. Tata lampu yang dikombinasikan dengan sinar laser juga berperan penting untuk membuat jalannya sesi ini semakin menarik.




Setelah Presiden Jokowi membunyikan sirine tanda diresmikannya PON 2016, tungku api PON langsung dinyalakan secara estafet oleh atlet-atlet legendaris Indonesia. Sejumlah atlet yang terlibat prosesi sakral itu adalah Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad, Taufik Hidayat, Susi Susanti, Ade Rai, dan Anton Suseno.

Pesta kembang api kembali dilangsungkan sebagai isyarat bahwa upacara pembukaan PON 2016 Jabar telah sukses dilaksanakan. Para penonton dan tamu undangan akhirnya mulai meninggalkan lokasi acara sambil diiringi penampilan Armand Maulana yang menyanyikan lagu ciptaan Dwiki Dharmawan, Berjaya di Tanah Legenda.

Video Atlet-atlet Legendaris Semarakkan Pembukaan PON 2016 Jabar
 


(FIR)

Jusuf Kalla Berharap PON Papua Lebih Baik
PON 2016

Jusuf Kalla Berharap PON Papua Lebih Baik

7 minutes Ago

Kalla berharap, seluruh atlit yang bertarung selama PON dapat berlatih mempersiapkan diri untuk…

BERITA LAINNYA