Sukmalindo 2016

Sukan Malaysia-Indonesia 2016 Resmi Ditutup

Krisna Octavianus    •    25 September 2016 08:23 WIB
olahraga
Sukan Malaysia-Indonesia 2016 Resmi Ditutup
Ajang Sukan Malaysia-Indonesia (Sukmalindo) 2016 resmi ditutup pada Sabtu 24 September malam.

Metrotvnews.com, Kuala Terengganu: Ajang Sukan Malaysia-Indonesia (Sukmalindo) 2016 resmi ditutup pada Sabtu 24 September malam. Acara tahunan kesembilan ini resmi ditutup oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Intan Ahmad di Universitas Sultan Zainal Abidin (Unisza).

Perhelatan yang mempertandingkan lima cabang ini diselenggarakan di Kuala Terengganu. Sebuah kota di Timur Malaysia yang terkenal dengan pantai dan jauh dari kebisingan tersebut.

Acara berlangsung sukses dan meriah dalam tiga hari penyelenggaraan. Prof Intan Ahmad selaku Dirjen Dikti mengucapkan selamat kepada para pemenang. Ia juga menekankan, Sukmalindo diadakan sebagai ajang persahabatan bagi kedua negara, khususnya di tataran mahasiswa.

"Mengucapkan selamat berbahagia atas juara dan para atlet yg telah berlaga di lima cabor serta misi kebudayaan dalam Sukmalindo 2016," ujar Prof Intan Ahmad dalam sambutannya, Sabtu (24/9/3016).

Baca: Dramatis, Tim Voli Putri Indonesia Bungkam Malaysia


"Ini lebih kepada mempererat tali silaturahmi. Buat generasi muda ini penting karena nantinya akan ada pemimpin-pemimpin Asean dari semua pemuda yang ikut Sukmalindo 2016 ini. Ada yg kalah dan menang tapi ini adalah persahabatan. Ini lebih kepada soal tali persaudaraan di antara kedua negara " lanjutnya.

"Selamat seluruh kontingen dari Malaysia dan Indonesia. Jadikanlah pengalaman ini untuk memotivasi diri, terus berlatih supaya bisa memenangi persaingan di abad 21 ini. Kepada penyelenggara, dikti malaysia dan Unisza, beserta seluruh jajaran di Malaysia. Terima kasih banyak untuk keramahan yang kalian berikan. Patut kita syukuri, acara ini luar biasa dan tahun depan lebih baik. Lelah dan dedikasi terbayar karena suskesnya acara tahun ini " pungkasnya.

Baca: Cindy Dinari, Pevoli Muda Cantik yang Bercita-cita Jadi Jaksa


Sebagai informasi, Sukmalindo adalah wadah bagi para mahasiswa Malaysia dan Indonesia bersaing di ajang olahraga. Tahun ini cabor yang dipertandingkan adalah futsal, bola voli, bulu tangkis, sepak takraw, dan panahan.

Acara penutupan berlangsung meriah. Perwakilan kedua negara menampilkan kebudayaan masing-masing untuk dipentaskan dalam gala dinner atlet, ofisial, dan jajaran Dikti Malaysia-Indonesia.

Perwakilan kebudayaan Indonesia tampil memukau dengan menampilkan dua jenis tarian untuk dipentaskan. Pertama, kontingen kebudayaan yang diwakili oleh mahasiswa Institut Seni Budaya (ISBI) Bandung menampilkan tari yapong khas betawi. Lalu yang kedua, mahasiswa asuhan Dinda Satya itu menampilkan tari piring khas Sumatera Barat.

Video Triyaningsih Raih Mendali Emas Lari 10 Ribu Meter
 


(FIR)