PON 2016

Penantian Panjang Tim Tenis Meja Jabar Terjawab

Kautsar Halim    •    24 September 2016 21:31 WIB
pon 2016
Penantian Panjang Tim Tenis Meja Jabar Terjawab
Logo PON 2016 (Foto Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jawa Barat berhasil menambah perolehan medali emas lewat cabor tenis meja PON 2016 Jabar. Pencapaian ini terbilang luar biasa karena tim tenis meja putra Jabar sudah lama tidak menang dalam event bergengsi.

Melakoni final kontra Jawa Timur di Institut Teknologi Bandung, Jatinangor, Sumedang, Sabtu 24 September, tim Jabar tidak mengalami kesulitan khusus untuk meraih kemenangan. Saat itu, mereka hanya cukup menurunkan Gilang, Yon Mardiyono Oscar, dan Dahlan Haruri untuk menutup laga dengan skor, 3-0.

Gilang yang tampil paling pertama untuk mewakili tim tenis meja Jabar berhasil menang mudah ketika ditantang wakil Jatim, Ficky Supit. Saat itu ia menang dengan skor straight set 11-8, 11-8, dan 11-7.

Yon Mardiono yang juga kapten tim Jabar sempat mendapat kesulitan ketika menerima tantangan M. Hussein pada laga kedua. Beruntung, Yon mampu bangkit hingga akhirnya memenangkan laga dengan skor 3-2 (5-11, 11-7, 11-9, 7-11, dan 11-7).

Memasuki laga ketiga, Yulius DT sempat menyulitkan wakil Jabar, Dahlan Haruri pada set ketiga. Namun, perlawanannya masih belum cukup untuk mengangkat poin Jatim, karena Dahlan tetap mampu menang dengan skor, 3-1 (11-5, 11-6, 7-11, 11-7).

Seperti diuraikan Yon seusai laga, medali emas tersebut harusnya bisa diraih sejak lama. Tak heran, jika dibalik euforia kemenangan itu, tetap terkubur kekecewaan yang mendalam. 

"Ini adalah penantian yang sangat lama bagi tenis meja Jabar. Terakhir itu baru  diraih jaman Anton Suseno pada Sea Games 1994," ujar Yon seusai laga

"Kami memang sukses membanggakan warga Jabar. Tapi kemenangan ini  tertunda cukup lama. Tim dari daerah lain seperti DKI Jakarta dan Jatim memang berkembang lebih baik karena sering berlatih ke luar negeri," tambahnya menutup.


(PAT)