Idemitsu Asia Talent Cup 2018

Pembalap Muda Indonesia Catat Prestasi di Qatar

M. Rizky Adhestian    •    18 Maret 2018 16:40 WIB
balap motor
Pembalap Muda Indonesia Catat Prestasi di Qatar
Mario Aji (Foto: asiatalentcup.com)

Losail: Pembalap muda asal Indonesia, Mario Suryo Aji, sukses meraih podium kedua pada Idemitsu Asia Talent Cup 2018 yang diselenggarakan di sirkuit Internasional Losail, Qatar pada Sabtu 17 Maret malam hari WIB.

Ajang balap motor berkapasitas 250cc ini diikuti oleh pembalap-pembalap muda dari berbagai negara Asia, di antaranya Indonesia, Jepang, Malaysia, Thailand, Qatar, dan Australia. Salah satu pagelaran yang diusung oleh Dorna ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pembalap muda dan menghadirkan kesempatan mendapatkan prospek karier di MotoGP atau Superbike.

Aji sempat mencuri perhatian pada balapan yang digelar di Losail Sabtu malam kemarin. Pembalap berusia 14 tahun tersebut menjadi runner-up dan finis di belakang pembalap asal Jepang, Haruki Noguchi.

Mengawali balapan dengan meraih pole position, pembalap asal Magetan, Jawa Timur itu bersaing ketat dengan Noguchi sejak awal. Keduanya membuat jarak yang cukup jauh dari 17 rider lainnya.

Baca: Jadwal MotoGP Qatar Hari Ini

Meski belum bisa menjadi yang tercepat, prestasi yang dicetak Aji bisa dibilang mengagumkan. Pasalnya, Ini adalah debut pembalap berjuluk Super Mario tersebut melakoni balapan di sirkuit Qatar tersebut.

Aji sendiri menyambut baik hasil yang diterimanya kemarin. Ia langsung menargetkan podium pertama pada balapan selanjutnya yang akan dilaksanakan di Buriram, Thailand pada 23 Maret.

"Pertama-tama, saya berterima kasih kepada keluarga Indonesia yang telah mendukung saya dan di race pertama saya di Asia Talent Cup, saya berhasil menaiki podium kedua," kata Aji usai balapan perdananya di Losail.

"Di lap ketiga, saya dan Haruki bisa memperlebar jarak dengan rombongan di belakang. Di setiap lap, saya memikirkan cara agar bisa didepan dia saat garis finis di lap terakhir."

"Di tikungan terakhir saya sempat meng-overtake Noguchi. (Namun) sebelum finis, Noguchi berhasil mengambil alih saya lagi dan (saya) finis di posisi kedua. Saya harap bisa lebih baik lagi dari hari ini dan besok bisa podium satu," sambungnya.

Aji merupakan salah satu dari lima rider asal Indonesia yang terlibat pada balapan tersebut. Nama-nama lainnya adalah Afridza Munandar, Lucky Hendiansya, Adenanta Putra, dan Agung Fachrul.




(PAT)