Rencana Siman Usai Diangkat sebagai PNS

Gregah Nurikhsani Estuning    •    29 Januari 2018 12:07 WIB
Rencana Siman Usai Diangkat sebagai PNS
Siman Sudartawa, salah satu atlet yang diangkat sebagai PNS menyusul prestasi gemilangnya untuk Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa menjadi satu di antara 137 atlet yang diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada 17 Januari silam. Ia berencana menjadi pelatih renang dan siap mengabdi untuk negara jika ditempatkan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Apa yang didapat Siman dan atlet beruntung lainnya merupakan bentuk apresiasi kepada pahlawan-pahlawan Indonesia atas prestasi membanggakan dalam beberapa tahun terakhir.

Kriteria dari pemerintah ditentukan dari raihan maksimal di sejumlah kesempatan, seperti SEA Games, Asian Games, Olimpiade, dan agenda-agenda internasional lainnya. Buat Siman, peraih emas di SEA Games 2017 silam, 'hadiah' ini sangat disyukurinya.

Hanya, perenang asal Bali itu belum tahu tugasnya setelah diangkat sebagai PNS. Untuk saat ini, dirinya hanya ingin fokus berlatih untuk memantapkan persiapan jelang Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang.

Klik: Cedera Parah, DeMarcus Cousins Menepi Sampai Akhir Musim

"Kita kemarin kan dikasih tahu pelantikan menjadi PNS, untuk tugasnya kita belum tahu. Saat upacara saya diberi tahu untuk selalu lapor terus semisal ada persiapan pertandingan. Jadi, kalau nanti diterima di Kemenpora, saya harus absen ke sana, lapor ada agenda apa saja dalam jangka waktu tertentu," ujar Siman kepada Medcom.id.

"Mungkin setelah kita berhenti jadi atlet, kita akan jadi pelatih. Senang ya tentu, karena kan setelah (pensiun) dari atlet kita bingung juga kerjanya, untungnya jadi PNS, kalau jadi pelatih nanti kita dikirim ke daerah mana misalkan, tidak jauh-jauh dari bidang kita, saya renang, ya jadi pelatih renang," sambungnya lagi.

Dalam waktu dekat ini, Siman dan atlet renang yang terpilih lainnya bakal menjalani pemusatan latihan di Australia. Dua bulan di Negeri Kangguru, fokus latihan akan ditempa di Amerika Serikat dan dilatih oleh pelatih khusus.

Video: E-Sport Semakin Berkembang di Tanah Air
 
(KRS)