Genjot Kunjungan Wisman, Kepri Gelar Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018

Anwar Sadat Guna    •    25 Januari 2018 11:15 WIB
olahraga
Genjot Kunjungan Wisman, Kepri Gelar Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018
Puluhan kapal yang akan mengikuti iven Wonderful Infonesia, mulai 26-28 Januari 2018 mulai merapat di perairan Nongsa Point Marina dan Resort, Batam. (Foto: Medcom.id/Anwar Sadat Guna)

Batam: Pemerintah telah menetapkan tahun 2018 sebagai tahun pariwisata Kota Batam. Untuk mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), berbagai event bersakala internasional digelar tahun ini. Di antaranya ialah Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018. 

Event yang dipusatkan di kawasan wisata Nongsa Point Marina & Resort ini akan menghadirkan para pelaut internasional untuk mengikuti lomba kapal yard, perahu layar, perahu layar kecil atau optimist dan laser, termasuk radio control atau perahu remote. 

"Tidak cukup hanya itu, kami juga mengadakan lomba jetski. Khusus lomba jetski ini, para peserta akan mengelilingi pulau Batam," ujar Prakash Reddy, Manager Marina & Water Sport Nongsa Point, di Batam, Kamis, 25 Januari 2018. 

Prakash mengatakan, event ini merupakan yang ketiga kalinya digelar di Batam. Tahun lalu, event ini diikuti lebih dari 300 peserta dan ratusan suporter dari Indonesia maupun beberapa negara lainnya. 

Baca: Yamaha Luncurkan Motor Baru untuk Musim 2018


Prakash menargetkan, jumlah peserta tahun ini mampu melampaui angka peserta tahun lalu. Saat ini, kata dia, ada 60 jenis kapal dari Singapura, Malaysia, Thailand, Hongkong, dan Indonesia sudah merapat di perairan Pulau Batam untuk mengikuti Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018.

"Para pelaut yang mulai berdatangan adalah para ekspatriat. Sebagian di antara mereka ada yang tinggal di Batam. Yang membanggakan, kategori lomba perahu layar kecil yakni optimist dan laser akan memjadi event yang kami olimpiade-kan di Batam," ujarnya. 

Puluhan kapal yard dari berbagai negara yang akan mengikuti lomba kali ini, seperti Singapura, Australia, British, New Zealand, dan Amerika Serikat dalam pelayaran menuju pulau Batam. "Para peserta lomba kapal yard ini akan menempuh 12 race yang rutenya di wilayah perairan Nongsa Point dan Turi Beach," ujar Prakash.

Ia menambahkan, adapun lomba jetski akan menempuh jarak sejauh 60 mil atau sekitar 90 km untuk mengelilingi Pulau Batam. Para peserta juga berkesempatan mengenali pulau-pulau Batam dan eksotisme pulau dan perairan wilayah ini. 

"Saat ini sudah ada puluhan peserta memastikan ikut dalam lomba jetski. Gubernur Kepri Nurdin Basirun juga menyatakan kesediaannya mengikuti lomba jetski ini," tuturnya. 

Baca: Beda Nasib Antara Rian/Hendra dan Ahsan/Angga


Melalui event ini, Prakash berharap semakin banyak wisman yang datang ke Pulau Batam. Selain itu, kata dia, kehadiran wisman juga sekaligus bisa mempromosikan Pulau Batam di dunia internasional. "Ini momentum yang baik menggairahkan pariwisata di Kepulauan Riau dan Batam khususnya," pungkasnya.

Sebagai informasi, Batam merupakan wilayah tujuan wisman terbanyak setelah Jakarta dan Bali pada 2017. Jumlah kunjungan wisman ke wilayah ini pada tahun lalu diperkirakan mencapai 1,7 juta. Negara terbanyak yang memgunjungi Batam adalah Singapura, Malaysia, Tiongkok, India, Jepang, dan beberapa negara lainnya. 

Tak ingin ketinggalan berita seputar olahraga? Follow instagram kami @medcom_bola

Video: Suntikan Tenaga Baru untuk Arema dan Bhayangkara


(ASM)