Kaleidoskop 2017

Juli: Kegagalan Pahit Manny Pacquiao di WBO dan Prestasi Muguruza-Federer di Wimbledon

Patrick Pinaria    •    25 Desember 2017 13:32 WIB
kaleidoskop 2017
Juli: Kegagalan Pahit Manny Pacquiao di WBO dan Prestasi Muguruza-Federer di Wimbledon
Manny (kanan) saat berlaga kontra Jeff Horn (Foto: AFP/Patrick Hamilton)

Jakarta: Nama kedua petenis dunia Roger Federer dan Garbine Muguruza menarik perhatian para pencinta olahraga pada periode Juli. Maklum, keduanya berhasil meraih gelar pada ajang Wimbledon 2017.

Kedua petenis tersebut tentu tidak mudah untuk meraih prestasi tersebut. Sebab, keduanya harus melawan petenis-petenis unggulan sepanjang turnamen, terutama pada babak final.

Di final, Muguruza harus mengalahkan Venus Williams. Pada babak itu, petenis asal Spanyol tersebut sukses mengalahkan mantan petenis nomor satu dunia itu lewat dua set langsung.

Baca: Marquez Tetap akan Sukses Meski Menggunakan Motor Ducati

Kemenangan itu juga terasa istimewa bagi Muguruza. Mengingat, gelar ini merupakan yang pertama ia raih di ajang Wimbledon.

Sementara itu, Federer berhasil mengalahkan Marin Cilic di babak final lewat tiga set langsung. Gelar ini juga terasa istimewa bagi Federer karena ini merupakan gelar kedelapannya di ajang Wimbledon.

Baca: Keceriaan Natal di Antara Para Pembalap F1

Nasib berbeda harus dialami atlet tinju dunia, Manny Pacquiao. Petinju asal Filipina tersebut harus gagal meraih sabuk WBO setelah dikalahkan Jeff Horn.

Selain peristiwa di atas, berbagai peristiwa menarik juga dirangkum Medcom.id. Berikut beberapa di antaranya:


Tanggal 2
Petinju Filipina Manny Pacquiao harus menelan pil pahit dalam perebutan sabuk WBO. Ia secara mengejutkan kalah dari Jeff Horn. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 3
Sebagai salah satu atlet yang diandalkan Indonesia untuk merebut medali emas di SEA Games Kuala Lumpur 2017, atlet lompat jauh Maria Londa menjadi perhatian komandan kontingen Indonesia (CdM). (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 6
Legenda MMA Royce Gracie berencana mengunjungi Indonesia. Ia ingin memberikan pelatihan MMA dan sekaligus menghadiri grand opening Tatsujin MMA Indonesia yang bertempat di South Quarter TB Simatupang, Jakarta. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 10
Valtteri Bottas sempat dicurigai mencuri start saat balapan GP Austria. Namun, FIA selaku induk dari balapan dunia tidak menemukan bukti indikasi kecurangan yang dilakukan Bottas itu. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 11
Organisasi Tinju Dunia (WBO) akan menghitung ulang perolehan angka pertandingan tinju kelas welter antara Manny Pacquiao dan Jeff Horn, dua pekan lalu, di Stadion Suncorp Brisbane. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 12
Petenis unggulan pertama Andy Murray secara mengejutkan tersingkir dari ajang Wimbledon. Ia dikalahkan petenis AS Sam Querrey di babak perempat final. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 13
Kabar duka datang dari Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani). Mantan Ketua umum masa bakti  2002--2006, A. Subowo Atmosardjono meninggal dunia pada Jumat dini hari WIB di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura dalam usia 80 tahun. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 15
Wimbledon 2017 menjadi momen manis bagi Garbine Muguruza. Sebab, ia berhasil meraih gelar perdananya pada kejuaraan bergengsi di Inggris itu (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 16
Roger Federer berhasil menyabet gelar Wimbledon kedelapan sepanjang kariernya, Minggu 16 Juli malam WIB. Itu terjadi usai ia mengalahkan Marin Cilic tiga set langsung. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 18
Menpora Imam Nahrawi dan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla melakukan peninjauan pelatnas Taekwondo. Keduanya memastikan untuk persiapan para atlet timnas jelang SEA Games 2017. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 19
Tim beregu tenis putri Indonesia meraih kemenangan keduanya dalam turnamen Piala Fed Grup II zona Asia/Oseania 2017 di Dushanbe, Tajikistan. Kemenangan itu membuat mereka memimpin puncak klasemen Grup II. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 25
Pengurus Besar Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI) terus meningkatkan kualitas para atlet dan pelatih nasional. Salah satunya adalah menggelar seminar nasional khusus para atlet dan pelatih dengan melibatkan mantan pelatih atletik dunia, Harry William Marra di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 26
Duel akbar antara Floyd Mayweather Junior melawan Conor McGregor dikonfirmasi akan ditayangkan di seluruh bioskop film Amerika Serikat. Menurut kabar, tiket untuk menonton pertarungan mencapai USD40 (Rp532 ribu) per orang. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 29
Juara IBL 2016 CLS Knights menyatakan mundur dari kompetisi Indonesian Basketball League (IBL). Keputusan itu diambil manajemen CLS lewat surat yang dilayangkan ke manajemen IBL. (Selengkapnya klik di sini)

Tanggal 30
Indonesia mengamankan satu gelar juara di ajang Asia Junior Championships 2017. Medali emas tersebut diraih dari sektor ganda campuran yang diwakili Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. (Selengkapnya klik di sini)


Video: INAPGOC Panggil Cabor Powerlifting

 


(PAT)