Jelang Asian Games 2018

Kelas 62 Kg Putra Akhirnya Dipertandingkan, Eko Yuli Berpeluang Raih Emas

A. Firdaus    •    18 Maret 2018 19:24 WIB
angkat besi
Kelas 62 Kg Putra Akhirnya Dipertandingkan, Eko Yuli Berpeluang Raih Emas
Eko Yuli Irawan (Foto: Antara/Fanny Octavianus)

Jakarta: Kabar menggembirakan datang untuk Eko Yuli Irawan. Lifter andalan Indonesia itu akhirnya bisa turun di kelas 62 Kg setelah datangnya surat resmi Dewan Olimpiade Asia (OCA) terkait cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games.

Surat resmi dari OCA itu diterima langsung oleh Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), melalui Komite Olimpiade Indonesia (KOI) selaku National Olympics Committee (NOC) yang merupakan anggota dari OCA.

Dalam surat per 8 Maret lalu, OCA memutuskan terdapat perubahan kategori kelas di cabang angkat besi dengan memasukkan kelas 62 kg pada Asian Games mendatang.

Baca: Pembalap Muda Indonesia Catat Prestasi di Qatar 

Dengan keputusan tersebut, dipastikan lifter andalan Indonesia di kelas tersebut, Eko Yuli Irawan punya kesempatan untuk menyumbangkan medali. Terutama medali emas untuk Merah Putih.

"KOI dan INASGOC mengapresiasi keputusan OCA tersebut. Di satu sisi, keputusan itu membangkitkan optimisme dari cabang angkat besi dan juga Eko Yuli agar melakukan persiapan yang lebih prima. Sementara itu, di sisi lain, bagi panitia penyelenggara hal ini menjadi tantangan karena nomor pertandingan bertambah," jelas Ketua INASGOC, Erick Thohir.

"Ini juga win win solution yang melegakan kami sebagai tuan rumah karena kans medali emas di angkat besi tetap terbuka, dan juga bagi AWF yang tidak mengalami pengurangan kelas dari rencana mereka yang mengacu pada Olimpiade Tokyo 2020. Kami berterima kasih kepada AWF dan juga PB PABBSI, serta pemerintah Indonesia yang telah mengupayakan hal ini," lanjut Erick yang juga ketua KOI.

Baca: Marcus/Kevin jadi Magnet Mahasiswi Indonesia di Skotlandia 

Semula OCA meniadakan kelas 62 kg putra di Asian Games dengan mengacu pada Olimpiade Tokyo 2020. Di mana angkat besi hanya mempertandingkan 14 kelas yang terbagi masing-masing tujuh kelas di putra-putri. 

Kini, dengan perubahan yang dilakukan OCA, cabang angkat besi di Asian Games bakal mempertandingkan 15 kelas. Di mana delapan kelas di sektor putra pada 56 kg 62 kg, 69 kg, 77 kg, 85kg, 94 kg, 105 kg, dan +105 kg.


Video: Kevin/Marcus Melaju ke Final All England 2018

 


(PAT)