AFF Futsal 2018

Perlu Proses Panjang untuk Putuskan Dominasi Thailand

Ahmad Mustaqim    •    11 November 2018 19:05 WIB
futsalPiala Aff Futsal
Perlu Proses Panjang untuk Putuskan Dominasi Thailand
Pelatih Timnas futsal Malaysia, Chiew Chun Yong (Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Sleman: Thailand mampu mempertahankan status gelar juara Piala AFF Futsal pada tahun ini. Di partai puncak, mereka mengalahkan Malaysia dengan skor 4-2. 

Sejak tahun 2001, Thailand selalu menjadi pemenang dalam Piala AFF Futsal. Mereka hanya gagal menjadi juara pada 2010 yang saat itu direbut oleh Indonesia. 

Pelatih Timnas Futsal Malaysia, Chiew Chun Yong mengatakan Thailand bermain sangat baik pada laga final. Meski timnya sudah mengantisipasi serangan Thailand, Malaysia tetap tak mampu menghentikannya. 

Baca juga: Ardiansyah Runtuboy, Perusak Pertahanan Lawan di Piala AFF Futsal 2018

"Jelas sekali Thailand memiliki teknik yang sangat baik dibandingkan Malaysia hari ini. Meskipun kami sudah berusaha mengantisipasi melalui taktik dan strategi high pressing," kata dia seusai pertandingan. 

Ia tetap memuji para pemainnya yang sudah bekerja keras. Ia juga menilai kedua tim banyak menciptakan peluang pada pertandingan itu. 

"Melalui skema powerplay, kami bisa mencetak satu gol, tetapi tidak bisa bertahan dan menambah gol untuk menyamakan kedudukan," ujarnya. 

Baca juga: Kensuke Takahashi Alihkan Fokus ke Timnas Futsal U-20

Menurut dia, perlu proses panjang untuk bisa memutus dominasi Thailand. Salah satu yang dibutuhkan yakni memiliki pemain dengan kekuatan taktik dan teknik, serta memiliki banyak pengalaman pertandingan internasional. 

Selain itu, juga diperlukan kompetisi lokal yang kompetitif dan adanya pemain internasional. Malaysia setidaknya menghadapi lawan Thailand di dua laga final Piala AFF Futsal dan selalu kalah. 

"Satu sistem, taktik, strategi, harus kita terapkan. Ini penting untuk mengalahkan Thailand. Saya sudah berusaha untuk mengalahkan Thailand, tetapi ternyata usaha kami tidak cukup. Saya harap waktu-waktu ke depan kami bisa mengalahkan mereka," ucapnya. 

Video: Eko Yuli Terima Bonus dari Jokowi