Lari Marathon

8.000 Pelari Ikut Marathon di Kompleks Candi Prambanan

Patricia Vicka    •    09 April 2018 20:23 WIB
atletikolah raga
8.000 Pelari Ikut Marathon di Kompleks Candi Prambanan
Panitia Mandiri Jogja Maraton 2018-Medcom.id/Pythag

Yogyakarta: Sebanyak 8.000 pelari dari berbagai negara akan mengikuti lomba lari Mandiri Jogja Marathon (MJM) yang melintasi kompleks Candi Prambanan. Penyelenggaraan MJM akan dihelat pada Minggu 15 April 2018. 

Lomba lari ini terbagi menjadi beberapa kategori, yakni full marathon (42,195 kilometer), half marathon (21 kilometer), 10 kilometer dan 5 kilometer. 

Race Director Mandiri Jogja Marathon, Pandu Buntaran menjelaskan rute lari akan melewati sembilan desa, area persawahan serta area candi di sekitar Prambanan. Garis start awal dan akhir perlombaan berada di Kompleks Candi Prambanan.

Baca juga: GP Monaco dan Rusia Tetap Munculkan "Gadis Grid"

"Para pelari juga akan melintasi lokasi seperti Candi Roro Jonggrang, Candi Plaosan, Monumen Taruna, serta perumahan dan persawahan warga. Sebagian besar spot-spot yang dilewati adalah area wisata," ujar Pandu saat Jumpa pers di Yogyakarta, Senin 9 April 2018.

Pandu mengatakan, MJM akan diikuti pelari nasional dan pelari dari 22 negara lainnya, seperti Malaysia, Jepang, Kenya, Brunei Darussalam, Irlandia, India, Tiongkok, Brasil, Singapura, Filipina dan Australia. 

Vice President Corporate Communications Bank Mandiri Maristella Tri Haryanti menyatakan MJM 2018 adalah perlombaan lari tahun kedua yang dihelat Bank Mandiri. Pada perhelatan tahun ini, panitia sudah menyiapkan hadiah total Rp746juta untuk para pemenang lomba.

Baca juga: Taklukkan JPE, Bhayangkara Samator Lolos ke Final

Peserta pada tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti 6.500 peserta. Uniknya pada tahun ini panitia menyiapkan ribuan buah pisang dan jajanan tradisional khas Yogyakarta bagi para peserta.

“Kami telah membeli lebih dari 8 ribu pisang dari berbagai penjual di wilayah Yogyakarta. Kami sediakan kuliner keraton Yogyakarta, jajanan tradisional khas dan lainnya yang dapat dinikmati pelari," kata Lala.

Para peserta akan dihibur kesenian daerah seperti pertunjukan tari budaya masyarakat lokal. Ia berharap MJM 2018 dapat membantu mempromosikan kekayaan budaya serta produk lokal Yogyakarta. Tujuannya memacu pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di Yogyakarta dan sekitarnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Balap Lari Sambil Menikmati Keindahan Alam Gunung Ijen
 


(RIZ)