Basket

CLS Knights Mundur dari IBL

Rendy Renuki H    •    29 Juli 2017 00:23 WIB
liga basket indonesia
CLS Knights Mundur dari IBL
CLS Knights saat juara IBL 2016 (Instagram/CLSKnights)

Metrotvnews.com, Jakarta: CLS Knights menyatakan mundur dari kompetisi Indonesian Basketball League (IBL). Keputusan itu diambil manajemen CLS pada Rabu 26 Juli lalu lewat surat yang dilayangkan ke manajemen IBL.

Dalam rilisnya, tim yang menjadi juara IBL 2016 lalu itu menarik diri dari kompetisi IBL atau segala kegiatan IBL lainnya. Alasan CLS mundur menjadi peserta IBL karena mereka tak bisa menyanggupi persyaratan yag diberikan IBL.

Liga bola basket Tanah Air itu mengusung kriteria penting dalam Peraturan Pelaksanaan IBL 2017--2018, bahwa IBL mewajibkan setiap klub harus berbentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT).

"Sangat disayangkan melalui diskusi panjang, kami tetap tidak dapat menemukan solusi untuk mengubah bentuk badan hukum sebagai Yayasan menjadi PT, dan keputusan terakhir kami adalah tidak dapat melanjutkan berkompetisi di IBL," bunyi pernyataan resmi CLS Knights dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (28/7/2017).

"Kami sadar dan mengerti Manajemen IBL memiliki visi dan tujuan baik mewajibkan setiap klub yang tergabung untuk berbentuk PT. Mungkin kondisi tersebut cocok untuk sebagian besar klub, namun tidak semua kondisi dapat cocok untuk semua pihak, dalam hal ini kami, Yayasan Cahaya Lestari Surabaya (CLS) yang selama beberapa dekade terakhir sudah berbadan hukum Yayasan," sambung pernyataan CLS.

"Inilah yang menjadi dasar keputusan kami tidak mengubah bentuk kepemilikan CLS Knights
menjadi PT, karena kami tidak dapat memungkiri CLS Knights adalah milik dan bagian dari
Yayasan CLS. Benar kami akui bahwa CLS Knights selama 10 tahun terakhir dikelola oleh partner kami, Sdr. Christopher Tanuwidjaja. Meski demikian yang bersangkutan bersama dengan para pengurus lain tetap menghargai dan mengakui bahwa kepemilikan dari Klub ini adalah milik bersama para anggota Yayasan CLS."

Meski tidak lagi berkompetisi di IBL, CLS menegaskan tak akan berhenti membantu meningkatkan potensi atlet basket Indonesia. Namun, manajemen CLS mengakui belum menentukan langkah selanjutnya usai menyatakan mundur dari kompetisi IBL.

Video: Indonesia Menyerah 1-3 dari Korea Selatan
 


(REN)