Tour de Lombok Mandalika 2017

Tour de Lombok Mandalika, Ajang Promosikan Sport Tourism di NTB

Alfa Mandalika    •    13 April 2017 15:36 WIB
olahragabalap sepeda
Tour de Lombok Mandalika, Ajang Promosikan Sport Tourism di NTB
Balap Sepeda. (Foto: MI/ Yusuf)

Metrotvnews.com, Mataram: Ajang balap sepeda Tour de Lombok Mandalika 2017 diharapkan mampu mempromosikan potensi sport tourism di Provinsi Nusa Tenggara Barat ke kancah internasional. Gubernur NTB M. Zainul Majdi mengatakan, ajang balap sepeda bertaraf internasional tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah setempat mengeksplorasi segmen "sport tourism" di NTB.

"Jadi NTB harus memperkaya, menciptakan variasi-variasi pariwisata sehingga bisa terus tumbuh. Tidak cukup hanya dengan keindahan alam, tetapi kita harus mengeksplorasi semuanya termasuk untuk sport tourism di sini," kata Zainul saat membuka Tour de Lombok Mandalika 2017, kemarin.

Provinsi NTB menawarkan berbagai potensi pariwisata berbasis pada olahraga dengan sejumlah ajang internasional seperti Lombok Marathon, lomba lari ultra lintas Sumbawa dan lintas Rinjani, dan sekarang lewat Tour de Lombok Mandalika 2017.

Baca: Paralayang Torehkan Prestasi Dunia


Sebanyak 15 tim internasional dan empat tim nasional akan bersaing di Tour de Lombok Mandalika yang berlangsung pada 13-16 April 2017. Balap sepeda bertaraf internasional yang sudah mendapatkan lisensi UCI 2.2 tersebut terbagi menjadi empat etape yang menempuh jarak total 485 km.

Baca: PON Bakal Digelar Dua Tahun Sekali


Etape pertama menempuh rute Mataram-Pantai Kuta sejauh 126 km dengan satu titik sprint dan tiga titik tanjakan King of Mountain. Sementara di etape kedua, pebalap akan melanjutkan balapan dari Pelabuhan Bangsal menuju Senaru sejauh 112,8 km dengan tiga titik sprint dan dua titik tanjakan.

Etape ketiga balapan menempuh rute Pantai Kuta-Sembalun sejauh 134 km dengan tiga titik sprint dan tiga titik KOM dan diakhiri dengan circuit city race di Mataram dengan tiga titik sprint. 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia M. Benny Subagia berharap bahwa ajang Tour de Lombok Mandalika yang baru memasuki tahun pertama pelaksanaannya tersebut bisa rutin digelar di NTB pada tahun-tahun berikutnya. Tour de Lombok Mandalika menyediakan total hadiah Rp800 juta kepada para pemenang. (Ant)

Video: Jadi Korban Tabrak Lari, Atlet Ini Terancam Absen di SEA Games
 


(ASM)