Tour de Ijen Dapat Antusiasme Tinggi Peserta Mancanegara

Rendy Renuki H    •    19 September 2017 09:33 WIB
balap sepeda
Tour de Ijen Dapat Antusiasme Tinggi Peserta Mancanegara
Gelaran Tour de Ijen tahun lalu (ANTARA FOTO/ Budi Candra Setya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ajang balap sepeda Tour de Ijen (TdI) akan kembali digelar tahun ini, tepatnya pada 26-30 September 2017. Even yang telah diselenggarakan keenam kalinya tersebut kian mendapat antusiasme tinggi, terutama para peserta dari mancanegara.

TdI yang merupakan agenda rutin Kementerian Pariwisata tersebut rencananya diikuti oleh 20 tim dari 29 negara. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut ke-29 negara itu beberapa diantaranya adalah Iran, Jepang, Korea Selatan, hingga Prancis, Italia, Belanda, dan Rusia.

Ia pun menyebut jika TdI menjadi ajang balap sepeda terbaik saat ini yang dimiliki pihaknya. Arief mengatakan TdI bahkan mengalahkan penilaian gelaran Tour de Singkarak (TdS) yang telah memiliki nama besar.

"Tour de Ijen satu-satunya tour yang mendapatkan penilaian bagus dari ICF (Federasi Sepeda Indonesia) dan diakui UCI (Federasi Sepeda Dunia) dari enam tour yang dimiliki Kemenpar," tuturnya saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta, Senin (18/9/2017) malam.

(Baca: Target Ganda Putra di Jepang Open 2017)


Sementara, Bupati Banyuwangi Abdulla Azwar Anas mengatakan TdI kali ini akan menyediakan empat etape untuk dilalui pembalap. Total jarak yang akan ditempuh dari empat etape tersebut adalah 533 kilometer melewati rute yang menyusuri alam Banyuwangi mulai dari sungai, pantai, perkebunan, dan finis di Gunung Ijen.

"Trek TdI lebih pendek dari tahun lalu, tapi secara teknis penyelenggaraan ada peningkatan kualitas jalan. Tanjakan di TdI paling berat dibanding tour lain, kemiringan rata-rata 12 sampai 24 derajat," ucap Azwar Anas.

"Tanjakan lereng Ijen terkenal salah satu yang paling ekstrim di Asia berada 1.500 mdpl. Karena ketinggiannya melampaui tanjakan di Genting Highland di Tour de Langkawi Malaysia. Tanjakan ekstrim ini menjadi tempat favorit bagi pembalap sepeda dunia bila dapat menaklukkan dan keluar sebagai juara," tutupnya.

Video: INASGOC Buka Pendaftaran Online Volunteer Asian Games 2018
 


(REN)