SEA Games 2017

CdM Sebut Persiapan Indonesia Menuju SEA Games 2017 Sudah Matang

Kautsar Halim    •    14 Juli 2017 20:09 WIB
sea games 2017
CdM Sebut Persiapan Indonesia Menuju SEA Games 2017 Sudah Matang
Chef de Mission Indonesia di SEA Games 2017 saat memimpin rapat persiapan jelang SEA Games 2017 (Foto: MTVN/Kutsar Halim)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesiapan kontingen Indonesia untuk mengarungi SEA Games 2017 sudah semakin mantap. Kendala peralatan yang sebelumnya menghalangi sudah bisa diatasi dan akan segera tuntas pada akhir Juli mendatang.

Kabar gembira itu disampaikan langsung oleh Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2017 Malaysia, Azis Syamsuddin pada rapat koordinasi pada Jumat 14 Juli. Pertemuan itu berjalan dengan lancar sambil dihadiri para perwakilan cabang olahraga yang diberangkatkan.

"Pokoknya saat ini tinggal mengurus hal-hal yang bersifat administrasi dan berbagai pendaftaran saja dengan Panitia Penyelenggara SEA Games di Kuala Lumpur, Malaysia," ujar Azis dalam rapat yang berlangsung di kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI).
 

Baca: Mantan Ketua Umum PB Perpani A. Subowo Tutup Usia


Dijelaskan lebih lanjut oleh Azis, terdapat 857 atlet Indonesia yang akan bertanding di 405 nomor cabor di SEA Games 2017. Urusan transportasi dan akomodasi untuk para atlet disebutkan sudah terselesaikan dan mereka akan berangkat secara berkala sesuai dengan jadwal pertandingan masing-masing.

"Keberangkatan mereka (para atlet) akan disesuaikan dengan jadwal pertandingan masing-masing pada H-2. Jadi, jika ada atlet dari cabor yang berbeda memiliki jadwal pertandingan yang sama, maka mereka akan diberangkatkan berbarengan. Tapi jika kalah, mereka akan dipulangkan sehari kemudian setelah pertandingan atau H+1," papar Azis.

Sampai dengan saat ini, target Satuan Pelaksana Program Indonesia (Satlak Prima) untuk target Indonesia di SEA Games 2017 masih belum berubah, yakni merebut 55 keping medali emas. Demi mencapai itu, masing-masing atlet sudah diiming-imingi dengan bonus yang cukup menggiurkan.
 

Baca juga: Target SEA Games dan ASEAN Para Games Diminta Sesuai RKP 2017


''Bonus itu sudah disiapkan Kemenpora dan sudah masuk dalam program pemerintah juga. Kemudian, pihak Kemenko PMK juga mengusulkan agar bonus itu bukan hanya berupa uang, namun bisa juga dengan pemberian rumah atau tanah," kata Aziz.

SEA Games 2017 Malaysia dijadwalkan berlangsung pada 19 - 30 Agustus mendatang. Jika melirik dari jumlah target medali emas yang dipasang, Indonesia artinya bisa finis di urutan lima besar. Pada penyelenggaraan sebelumnya yang berlangsung di Singapura (SEA Games 2015), Indonesia finis di urutan lima dengan koleksi 47 medali emas.

"Saya berharap kontingen Indonesia mampu tampil prima, dan mewujudkan target yang ditetapkan Satlak Prima," pungkas Aziz.

Video: ?Jelang GP Inggris, Ferrari akan Uji Coba Perisai Kokpit
 


(ACF)