US Open 2017

Menghina Wasit, Fabio Fognini Diusir dari US Open

Kautsar Halim    •    03 September 2017 14:51 WIB
tenis
Menghina Wasit, Fabio Fognini Diusir dari US Open
Fabio Fognini. (Rob Carr/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com, New York City: Petenis Italia Fabio Fognini tak bisa menahan emosinya ketika ditaklukkan  Stefano Travaglia pada putaran pertama US Open 2017, Sabtu 2 September waktu setempat. Saat itu, ia menghina dengan kata-kata kotor wasit karena tidak menerima kekalahan.

Atas tindakan tidak terpuji tersebut, panitia pertandingan langsung memberikan denda sekitar 18.500 poundsterling (hampir Rp320 juta) dan juga menskorsingnya dari turnamen. Sanksi itu diberikan karena memang sesuai dengan peraturan di event Grand Slam.

Wasit yang dihina Fognini adalah wanita asal Swedia bernama Louise Engzell. Hinaannya terbilang keterlaluan karena salah satu ucapannya menyebut wasit itu sebagai pelacur.


Klik: Finis Posisi Kelima, Sean Gelael Persembahkan untuk Indonesia


Dengan adanya sanksi ini, Fognini dipastikan tidak bisa memainkan putaran kedua nomor ganda putra. Ini tentu sangat disayangkan karena Fognini sudah tampil menawan ketika berpasangan dengan Simon Boleli pada putaran pertama.

Denda untuk Fognini dikabarkan bisa bertambah dengan nilai maksimal hingga 15 ribu poundsterling karena proses investigasi terkait pelanggaran masih terus dilakukan. Selain itu, induk organisasi tenis yang terkait juga bisa mendendanya hingga 190 ribu poundsterling dan memvonisnya tidak boleh mengikuti Grand Slams berikutnya.


Klik: Suntikan Motivasi Sean Gelael Jelang F2 GP Italia


Fognini sudah mengungkapkan penyesalannya terkait pelanggaran yang dilakukan. Ia mengaku bersalah sambil mengutarakan permintaan kepada wasit yang terkait serta seluruh fan yang mengetahuinya.

"Saat itu adalah hari yang sangat buruk. Tapi hal ini tetap  tidak bisa memaafkan tindakan saya di lapangan. Saya memang emosian dalam beberapa momen dan saya pun mengaku bersalah. Meski begitu, ini semua tetap hanya permainan tenis," kata Fognini lewat Twitter resminya.

Sanksi ini bukan pertamakalinya diterima Fognini. Sebelumnya, ia juga pernah didenda sebesar 21 ribu  poundsterling (sekitar Rp362 juta) karena dianggap bertingkah tidak sportif. (dailymail)

 


(KAU)