Erupsi Gunung Agung

Terdampak Erupsi Gunung Agung, Gelaran Lombok Marathon Diundur

Antara    •    28 November 2017 18:39 WIB
maratonerupsi gunung agung
Terdampak Erupsi Gunung Agung, Gelaran Lombok Marathon Diundur
Suasana perlombaan di BII Maybank Bali Marathon 2013 (Foto: MI/PANCA SYURKANI)

Mataram: Erupsi Gunung Agung di Bali yang terjadi dalam beberapa hari memaksa panitia Lombok Marathon 2017 menunda pelaksanaan wisata olahraga tersebut. Gelaran lomba lari yang sejatinya bakal digelar pada 3 Desember, diundur menjadi 28 Januari 2018.

"Jadi karena erupsi Gunung Agung, pelaksanaan Lombok Marathon 2017 terpaksa kita tunda," ujar Ketua Umum KONI NTB Andy Hadianto saat konferensi pers di Mataram, Selasa (28/11/2017).

Erupsi Gunung Agung, kata dia, berimbas penutupan sejumlah bandara di Indonesia, termasuk Bandara Internasional Lombok, sehingga kondisi itu menghambat kedatangan para peserta lomba ke Lombok.

Hingga saat ini, sudah terdaftar 18 negara yang yang siap mengirim para pelari maratonnya. Di antaranya Malaysia, Kenya, Thailand, Amerika Serikat, Portugal, Prancis, Jerman, Swedia, Timor Leste, Inggris, Jepang, Filipina, Brasil, Australia, Italia, Hong Kong, Singapura, dan Indonesia.
 

Baca: Batu Panas Sebesar Kepalan Tangan Terlontar dari Gunung Agung


"Total ada 18 negara yang sudah memastikan diri mengirim pelarinya, termasuk pelari dari dalam negeri. Beberapa negara lainnya akan menyusul mendaftar," katanya.

Panitia menargetkan 5.000 peserta yang akan meramaikan Lombok Marathon kedua itu. Jumlah tersebut jauh meningkat ketimbang Lombok Marathon pertama pada 2016 yang diikuti 2.800 pelari.

"Mereka datang dari 20 negara. Total hadiah yang disediakan mencapai Rp500 juta," kata Andy didampingi Ketua Panitia Lombok Marathon 2017 Wibowo Budi Santoso dan Ketua PASI NTB Suhaimi, serta bendahara, Turmuzi, dan kepala humas, Dr Kadri.
 

Baca juga: Gunung Agung Semburkan Uap Air dan Abu Vulkanik


Kategori lomba Lombok Marathon, antara lain, nomor full marathon, half marathon, ekiden (tim empat pelari secara estafet), dan nomor-nomor hiburan 10 dan 5 kilometer.

Andy menambahkan, Lombok Marathon sebagai kegiatan tahunan yang diinisiasi dunia lari, di mana lomba yang lintasan larinya dipastikan rute-rute yang menyajikan pemandangan menarik bagi para peserta. Bahkan, Lombok Marathon sudah disertifikasi oleh IAAF (International Association of Athletics Federations) dan AIMS (Association of International Marathons and Road Races).

Video: ?Usir Kebosanan, Pengungsi Gunung Agung Buat Kerajinan



(ACF)